Sukabumi Update

Jembatan Antar Kampung di Cicurug Sukabumi Putus, Hambat Ekonomi Warga

Kondisi putusnya jembatan penghubung Kampung Cicewol dan Legos di Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. | Foto: P2BK Cicurug

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras mengakibatkan jembatan penghubung Kampung Cicewol dan Legos di Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, terputus, Minggu sore, 18 Februari 2024 sehingga aktivitas warga terhambat.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cicurug M Abdul Rizki menyatakan sudah melakukan pengecekan terkait putusnya Jembatan Cadas Ngampar sebagai akses antar kampung tersebut dan telah melaporkan kejadian ini ke pimpinan.

"Kami sudah berkoordinasi dengan unsur terkait dan melaporkan ke Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi. Kami berharap segera cepat mendapatkan perhatian dan direalisasikan," ujarnya kepada sukabumiupdate.com pada Senin (19/2/2024).

Kepala Desa Mekarsari Iwan Ridwan mengatakan fondasi jembatan putus tergerus derasnya Sungai Cicatih pasca-hujan lebat. "Jembatan Cadas Ngampar putus total sehingga warga Kampung Cicewol dan Kampung Legos tak bisa melintas," katanya.

Baca Juga: Liburan di Bandung Nyobain Jembatan Gantung Terpanjang dan Kolam Air Panas

Iwan menyatakan jembatan gantung tersebut berdiri menggunakan konstruksi besi dengan panjang 25 meter dan lebar 1,2 meter, dibangun sekitar tahun 2014 menggunakan sumber anggaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM).

Iwan mengaku putusnya jembatan penghubung Kampung Legos RT 01/04 menuju Kampung Cicewol RT 02/04 Desa Mekarsari akan mengganggu perputaran ekonomi warga.

"Ini satu-satunya akses warga di dua kampung. Berharap secepatnya ada perhatian dan bantuan dari pemerintah agar aktivitas warga kami bisa berjalan normal kembali," ujar dia.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT