Sukabumi Update

Lumpur Meluap ke Jalan, UPTD PU Ciemas Sukabumi Bantu Evakuasi Pakai Alat Berat

UPTD PU Ciemas bantu evakuasi lumpur yang menutup jalan ruas Ciemas-Pal Tilu Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala UPTD PU Wilayah Ciemas Kabupaten Sukabumi, Dadang Kuswara membeberkan kronologi tertutupnya jalan kabupaten ruas Ciemas-Pal Tilu oleh tanah dan lumpur yang terjadi pada Kamis 15 Februari 2024, sekitar pukul 16.30 WIB.

Dadang mengatakan dampak curah hujan yang cukup tinggi sehingga tanah atau lumpur dari PT Palmyra/Kostrad menutupi ruas jalan Tamanjaya - Pal Tilu sepanjang 500 meter.

"Curah hujan yang cukup tinggi membuat drainase penuh dan tidak bisa menampung air, sehingga lumpur meluap ke jalan," jelasnya kepada sukabumiupdate.com, Selasa (20/2/2024).

Akibat kejadian tersebut, ujar Dadang, mengakibatkan terganggunya lalu lintas, baik dari arah Ciemas, maupun dari arah Simpenan.

Baca Juga: Sudah 71 Petugas Pemilu Meninggal Dunia, KPU Akan Beri Santunan Sebesar Rp36 Juta

Upaya yang telah dilaksanakan berkoordinasi dengan Forkopimcam Ciemas, dengan PT Palmyra/Kostrad, koordinasi dengan Pemdes Mekarjaya.

"Dari pihak PT (perusahaan) siap bertanggung jawab untuk membersihkan lumpur baik di jalan maupun di saluran drainase. Mulai kemarin pihak dari PT, sudah mengerahkan 2 alat berat dibantu dengan UPTD PU Ciemas," jelasnya.

Untuk itu, kata Dadang, pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat melintas di jalan ruas Ciemas-Pal Tilu.

"Dihimbau kepada masyarakat hati hati jalan licin dan terganggu oleh pengerukan dengan alat berat," imbuhnya.

 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT