Sukabumi Update

Ancam Kelas dan Musala, Longsor Hantam TPT SDN Cisarua Purabaya Sukabumi

Longsor TPT SDN Cisarua di Kampung Cisarua, Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Longsor terjadi pada Tembok Penahan Tanah (TPT) SDN Cisarua, Kampung Cisarua, Desa Purabaya, Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Purabaya Yanto Prayitno menuturkan longsor terjadi pada Rabu, 21 Februari 2024 sekira pukul 18.00 WIB. Sebelum kejadian, di wilayah Kecamatan Purabaya terjadi hujan deras dengan waktu yang cukup lama.

"Hujan yang mengguyur wilayah Purabaya cukup lama dan intensitasnya besar sehingga mengakibatkan longsor TPT SDN Cisarua Purabaya. Longsor terjadi dengan panjang 5 meter, lebar 1,5 meter, dan tinggi 10 meter," kata dia kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Pemkab Sukabumi Bahas Kebutuhan Pengungsi Bencana Longsor Cibadak

Longsor mengancam satu ruang kelas dan musala SDN Cisarua. "Kami sudah berkoordinasi dengan perangkat desa/kecamatan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Satpol PP, Tagana, dan relawan untuk mengecek ke lokasi dan mengimbau masyarakat tetap waspada," ujarnya.

"Kebutuhan mendesak saat ini adalah bronjong. Hingga saat ini material longsor belum dievakuasi. Selain longsor, juga terjadi banjir langganan luapan Sungai Cibening, namun sekarang sudah surut. Tidak ada korban jiwa dalam bencana itu," tambah Yanto Prayitno.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT