Sukabumi Update

Dapur Rumah Warga Sumberjaya Sukabumi Ambruk, Dampak Gempa Laut Bayah M5.7

Kondisi dapur rumah warga yang ambruk akibat gempa bumi. Rumah ini berlokasi di Kampung Sumberjaya II RT 03/01 Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi. | Foto: P2BK Tegalbuleud

SUKABUMIUPDATE.com - Dinding dapur rumah warga di Kampung Sumberjaya II RT 03/01 Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, ambruk setelah diguncang gempa bumi tektonik 5.7 magnitudo pada Minggu, 25 Februari 2024 sekira pukul 20.07 WIB.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Tegalbuleud, Noris, mengatakan rumah yang mengalami kerusakan itu milik warga bernama Muad (52 tahun). Rumah tersebut berukuran 5x8 meter persegi dan diketahui terdampak gempa berdasarkan pengecekan setelah guncangan.

"Kerusakan pada dinding dapur bagian atas, tepat di atas pintu berukuran lebar 5 meter dan tinggi 2,7 meter. Kondisi bangunan pada dinding dapur sebelumnya sudah mengalami retakan sehingga tidak kuat ketika terjadi getaran," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Senin (26/2/2024).

Baca Juga: 6 Kali Gempa Susulan Terjadi di Laut Bayah Banten Pasca Gempa M5,7

"Kami melakukan monitoring dan mengecek TKP bersama Polsek dan Satpol PP Kecamatan Tegalbuleud serta Pemerintah Desa Sumberjaya. Tak ada korban jiwa karena saat kejadian rumah kosong, penghuni berada di rumah satu lagi. Kerugian ditaksir Rp 5.500.000," tambah Noris.

BMKG menyebut episenter gempa terletak pada koordinat 7,63° LS ; 105,74° BT atau berlokasi di laut pada jarak 96 kilometer arah barat daya Bayah, Banten, dengan kedalaman 43 kilometer. Ini adalah gempa dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia di selatan Banten.

BMKG mencatat hingga Minggu pukul 22.30 WIB, terjadi enam kali gempa susulan, di mana terbesar yang dirasakan masyarakat terjadi pukul 22.04 WIB dengan magnitudo 5.1.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT