Sukabumi Update

PLN Indonesia Power Resmikan Pondok Konservasi Penyu Hijau di Ciracap Sukabumi

Suasana saat peserta Resmikan Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park di Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - PT PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan (UBP) Jawa Barat 2 Palabuhanratu belum lama ini meresmikan Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park di kawasan Pantai Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi.

Peresmian dalam rangka Program Keanekaragaman Hayati Konservasi Penyu Hijau dan Rehabilitasi Lingkungannya (Kopi Hideung) itu berlangsung pada Jumat pagi 23 Februari 2024 di Aula Gedung Utama Konservasi Penyu Pangumbahan Ujunggenteng.

Hadir dalam acara tersebut adalah Yudi, S.T MPSDA (Kepala Cabang Dinas Kelautan Wilayah Selatan), Iwan Setiawan (Kepala Resor BKSDA Cikepuh), Rasyad Muhara, ST (Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sukabumi), Musonip, S.IP (Ketua Kelompok Konservasi Penyu Sukabumi), Bowo Pramono, S.T (Senior Manager PT PLN Indonesia Power PLTU Jawa Barat 2 Pelabuhan Ratu), serta para pegawai.

Kepala Cabang Dinas Kelautan Wilayah Selatan Yudi mengapresiasi upaya yang telah dilakukan PT PLN Indonesia Power karena terus berkontribusi dalam konservasi penyu hijau dan rehabilitasi lingkungan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada pihak PT PLN Indonesia Power yang telah berkontribusi, saya rasa ini adalah bukti nyata dari kolaborasi nyata kita," ujarnya dalam rilis yang diterima sukabumiupdate.com.

Sementara itu, Kepala Resor BKSDA, Iwan Setiawan, juga menyampaikan rasa terima kasih atas kolaborasi yang sudah terjalin antara PT PLN Indonesia Power dengan pemerintah dan unsur unsur terkait lainnya sehingga pelestarian konservasi penyu hijau di Kabupaten Sukabumi terus terjaga.

“Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kontribusi, sinergi, dan kepedulian terhadap keamanan serta kelestarian konservasi khususnya penyu," ujarnya, sembari berharap agar PLN Indonesia Power tetap jaya dan karyawannya semakin sejahtera.

Menanggapi kegiatan tersebut, senior Manager PT PLN Indonesia Power UBP Jabar 2 Palabuhanratu Bowo Pramono mengatakan, pihaknya mengapresiasi kelompok konservasi yang ikut mendukung atas upaya pelestarian penyu di Pantai Pangumbahan tersebut, sebelumnya kegiatan serupa sudah beberapa kali dilaksanakan seperti adopsi penyu, rehabilitasi hutan pantai konservasi.

“Kita juga sudah memberikan bantuan alat-alat pendukung, dan alhamdulillah tahun ini kita telah menyelesaikan pembangunan pondok konservasi penyu ini,” jelasnya.

“Tentunya kedepan harapan kami program ini dapat berkelanjutan untuk menjaga habitat penyu agar tidak punah di pantai Pangumbahan kabupaten Sukabumi ini,” tambahnya.

Selain inti dari acara peresmian simbolis peresmian pondok konservasi Penyu, Bowo menyebut juga dilaksanakan penyerahan bantuan fasilitas konservasi, serta penanaman pohon cemara laut dan pandan laut sebanyak 500 pohon.

“Alhamdulillah para peserta tadi turut melihat fasilitas konservasi penyu dan menyaksikan anakan penyu yang siap dilepaskan ke alam,” kata dia.

Dengan peresmian Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park ini, pihaknya kemudian berharap dapat terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan melestarikan satwa.

“Sehingga keberlangsungan alam semesta kita tetap terjaga dan lestari,” tandasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI