Sukabumi Update

Mangsa 4 Ekor Ayam, Ular Piton 5 Meter Ditangkap Warga Cibadak Sukabumi

Ular Piton panjang 5 meter ditangkap warga di Cibadak Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Seekor ular Piton kepergok saat hendak memangsa ayam warga di Kampung Bojong Setra RT 1/3 Kelurahan Cibadak Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi, Selasa (27/2/2024).

Seorang warga, Cimah (50 tahun) sebelumnya dibuat kebingungan karena beberapa ayam peliharaannya menghilang tanpa jejak. Setelah dicek pun tidak ada hewan pemangsa apapun ditemukan olehnya.

Menurut Cimah, ular Piton sepanjang 5 meter ini diketahui pada pagi hari ayam peliharaanya terdengar suara ribut di kandangnya. Setelah diperiksa, ia menemukan ular piton sedang melilit di dalam kandang ayam miliknya.Tidak pikir panjang, Cimah langsung meminta bantuan warga dan pawang ular.

Warga sekitar yang turut mengevakuasi, Asep Firmansyah menuturkan dari pihak rumah sendiri yang melaporkan langsung adanya ular di kandang ayam sekira pukul 07.00 WIB.

"Jadi kejadiannya pagi hari, dan ular ini masuk ke kandang ayam dan memakan ternak warga. Ada sekitar 4 ekor ayam yang dimakan," ujar Asep yang juga dijuluki pawang ular.

Baca Juga: Pemilu 2024 Kursi PAN di Sukabumi Anjlok, Blak-blakan Kader Ungkap Pemicunya

Asep menyatakan, evakuasi berlangsung sekitar setengah jam, sebab, posisi ular berada di dalam kandang membuat dirinya kesulitan untuk mengeluarkan ular piton tersebut.

"Setelah berhasil dievakuasi, saat ini kita titipkan dulu ke pihak yang berkenan untuk dilepas kembali," tuturnya.

Meskipun seekor ular piton dengan ukuran 5 meter sudah berhasil dievakuasi, Asep mengatakan, masih banyak ular yang berada di sekitar lokasi.

"Iya, disitu kan lokasinya dekat dengan Sungai Cigeledug, jarak sungai menuju ke pemukiman sekitar 10 meteran, terhalang oleh tebing," jelasnya.

Asep juga mengungkapkan, di lokasi tersebut sering kehilangan hewan ternak milik warga masyarakat sekitar.

"Namun, untuk masyarakat sekitar jika melihat ular jangan panik, lebih baik segera melaporkan ke yang pengalaman," pungkasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT