Sukabumi Update

Rindu Atraksi Barongsai, Ribuan Pengunjung Padati Bazar Cap Go Meh Kota Sukabumi

Ribuan Pengunjung padati Jalan Pajagalan Kota Dukabumi dapam acara Vazar Cap Go Meh pada Kamis (29/2/2024) | Foto : Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Ribuan pengunjung yang rindu atraksi Barongsai di Kota Sukabumi tumpah ruah penuhi Bazar Cap Go Meh di Jalan Pajagalan Kelurahan Nyomplong Kecamatan Warudoyong, Kamis (29/2/2024).

Pantauan langsung sukabumiupdate.com di lokasi. Perayaan Bazar Cap Go Meh yang diikuti sekitar 35 UMKM berlangsung meriah. Selain itu ribuan pengunjung padati lokasi bazar yang juga dimeriahkan oleh atraksi dua Barongsai bernama Pe dan Leak dari Xiong Shi Indonesia.

Reni (23 tahun) warga sekitar mengaku selalu menantikan atraksi Barongsai setiap tahunnya. Dia sengaja datang bersama temannya untuk menyaksikan atraksi Barongsai tersebut.

"Seru banget sih, seru banget tiap tahun suka ada. Excited aja gitu nonton barongsai. Sengaja dateng sama temen berdua. Aku selalu nungguin tiap tahun karena rumah juga dekat sih di Pasundan,” ujar Reni kepada sukabumiupdate.com di lokasi.

Baca Juga: Daftar 21 Merek Kurma Produk Israel, Banyak Beredar saat Ramadan

Pengunjung lainnya, Lilis (47 tahun) mengaku sangat terhibur dan selalu menantikan atraksi Barongsai. Dia sengaja datang bersama anak dan adiknya.

"Terhibur banget. Pengen ada lagi, soalnya barusan juga nontonnya nggak begitu lama. Karena baru tahu ini (barongsai) ada keluar, itu juga lihat dari status teman," kata Lilis.

Kendati demikian, Lilis menilai perayaan Cap Go Meh tahun ini kurang meriah. Pasalnya, kata dia, tak ada kegiatan pawai keliling Kota Sukabumi dan gotong joly.

“Kurang meriah nggak kayak tahun-tahun kemarin. Kalau tahun kemarin kan banyak sampai keliling-keliling gitu. Saya dari Cipanengah, Jalan Pelabuhan, ke sini sama anak sama adik. Kebetulan pecinta barongsai juga,” ucap dia.

Sementara itu, Kiki Suryanto selaku Ketua Pelaksana Bazar Cap Go Meh menyebut pengambilan konsep bazar itu selain untuk membantu mengangkat UMKM sekitar, perayaan itu juga dihadirkan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan.

Baca Juga: Innalillahi, Korban Meninggal Akibat Serangan Israel di Gaza Tembus 30 Ribu Jiwa

"Kita melaksanakan kegiatan ini berupa bazar dalam perayaan Cap Go Meh yang ada di Kota Sukabumi. Dimeriahkan oleh UMKM, atraksi barongsai dan pentas seni dari beberapa lapisan masyarakat untuk memberikan hiburan,” ujar Kiki.

“Selain itu juga untuk mengangkat ekonomi kerakyatan, dimana perekonomian kerakyatan itu adalah sektor UMKM yang harus ditonjolkan,” tambah dia.

Lebih lanjut, Kiki mengatakan bahwa kegiatan bazar itu dilaksanakan sejak Kamis (29/2/2024) dan akan ditutup kembali dengan atraksi Barongsai pada Sabtu tanggal 2 Maret 2024 sekira pukul 20:00 WIB malam.

"Terjadwal dalam rundown acara, atraksi barongsai akan diadakan lagi hari Sabtu. Penutupan kita hari Sabtu, sekitar jam 20:00,“ pungkasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT