Sukabumi Update

Peran Duta Baca: Agen Perubahan untuk Tingkatkan Literasi di Kota Sukabumi

Pemilihan Duta Baca Tingkat Daerah tahun 2024 di Halaman Dispusipda Kota Sukabumi pada 27 Februari 2024. | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Sukabumi mengadakan Pemilihan Duta Baca Tingkat Daerah tahun 2024. Terpilih 6 peserta terbaik di Grand Final Pemilihan Duta Baca di Halaman Dispusipda Kota Sukabumi pada 27 Februari 2024.

Hadir dalam momen tersebut Penjabat (PJ) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji bersama Bunda Literasi Kota Sukabumi Diana Rahesti. Lalu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Sukabumi, Kepala Bidang Dispusipda Kota Sukabumi, Bunda Literasi 7 Kecamatan di Kota Sukabumi, para dewan juri, dan juga peserta.

" Pemilihan Duta Baca Kota Sukabumi ini merupakan ajang yang sangat positif dan harus disambut baik. Mengingat urgensi pendidikan dan literasi saat ini berfokus kepada moral anak-anak kita," ujar Penjabat (PJ) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji.

Baca Juga: Inkubator Bisnis Diskumindag Dorong UMKM Sukabumi Jadi Tangguh dan Mandiri

Dengan adanya Para Duta Baca sebagai agen of change dalam dunia Pendidikan dan Literasi baik bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, sekolah/perguruan tinggi, diharapkan mampu menjadi motivasi dan inspirasi bagi anak-anak muda khususnya di Kota Sukabumi dan Jawa Barat.

"Dengan harapan akan lebih banyak lagi anak muda yang melakukan hal positif untuk disebarluaskan energinya agar kebermanfaatannya dapat lebih luas," terangnya.

Dijelaskan Kusmana, para peserta telah menjalankan sesi wawancara terbuka yang telah disaksikan bersama. Selanjutnya, ditetapkan kejuaraan dan penetapan secara resmi Duta Baca Kota Sukabumi 2024, yang akan melanjutkan perjuangannya ke tingkat Jawa Barat. Hal ini salah satu upaya dalam rangka menyebarluaskan virus literasi.

"Saya harap kolaborasi tidak hanya terjalin saat menjalankan misi selama ajang pemilihan saja, akan tetapi dapat terus terjalin dan menciptakan kegiatan literasi mulai dari diri sendiri, keluarga, masing-masing komunitas," paparnya. (ADV)

Sumber: Website KDP Kota Sukabumi

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT