Sukabumi Update

Bukan Kursi Roda, Kades Cibitung Sukabumi Bicara Soal Kebutuhan Warganya yang Lumpuh

Ade Mintarsih (58 tahun) wanita tua asal Desa Cibitung Kecamatan Sagaranten Sukabumi yang lumpuh saat diperiksa kesehatannya hari ini Rabu (6/3/2024). (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Desa Cibitung, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, Irvan Sanusi, angkat bicara terkait kebutuhan prioritas warganya bernama Ade Mintarsih (58 tahun) yang alami kelumpuhan akibat sakit stroke.

Menurut Irvan, setelah pihaknya menyambangi kediaman wanita tua tersebut, yang jadi prioritas saat ini adalah perawatan kesehatannya, bukan kursi roda.

“Kursi roda sebetulnya sudah ada di kantor desa atas usulan kami ke Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi. Tak hanya kursi roda, tongkat dan alat dengar pun ada,” kata Irvan kepada sukabumiupdate.com, Rabu (6/3/2024).

“Namun setelah kami mengecek kelokasi, bersama Forkopimcam, bahwa untuk saat ini tidak diperlukan kursi roda, akan tetapi perawatan kesehatannya, dan bantuan dari pemerintah atau program lainnya bersifat reguler, seperti BPNT atau PKH,” tambahnya.

Baca Juga: Lumpuh, Wanita Tua asal Sagaranten Sukabumi Ini Butuh Kursi Roda

Selama ini menurut Irvan, pihak desa tak diam dengan kondisi Ade Mintarsih yang memprihatinkan tersebut. Namun selalu membantu baik secara pribadi ataupun dari Forum Silaturahmi Desa Sehat (FSDS).

“Memang suaminya itu, Udin Kustiwa alias Kodir (63 tahun), masuk dalam daftar DTKS, akan tetapi sudah beberapa kali kami usulkan belum juga mendapat bantuan," jelasnya.

"Penanganan saat ini, tiap hari secara rutin dicek kesehatannya sama Pukesmas Sagaranten, juga atas inisiatif Forkopimcam," imbuhnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang wanita tua bernama Ade Mintarsih (58 tahun) warga Kampung Sukagalih RT 002 /003 Desa Cibitung, Kecamatan Sagaranten, Kabupaten Sukabumi, sudah hampir satu tahun mengalami lumpuh akibat stroke.

"Sudah lama mengalami kondisi sakit. Sakit yang dideritanya stroke, sesak napas, badan, kaki dan tangannya mengalami bengkak. Sehingga dia tidak bisa jalan," kata Siti, saudara Ade kepada sukabumiupdate.com, Selasa (5/3/2024).

Dengan kondisi itu, lanjut Siti, aktivitas yang Ade lakukan harus memerlukan bantuan. "Saat ingin ke kamar mandi maupun menjemur badannya pun harus dibopong atau digotong," jelasnya,

"Tapi Kalau ada kursi roda, setidaknya bisa meringankan beban," terangnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI