Sukabumi Update

Dihantam Material Longsor, Dinding Rumah Warga Simpenan Sukabumi Jebol

Kondisi dinding rumah warga yang jebol di Kampung Pasawahan RT 31/07 Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. | Foto: P2BK Simpenan

SUKABUMIUPDATE.com - Dinding rumah warga Kampung Pasawahan RT 31/07 Desa Kertajaya, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, jebol tertimpa material longsor pada Jumat dini hari, 8 Maret 2024. Peristiwa ini disebabkan hujan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah Simpenan dan sekitarnya.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Simpenan Dandi Sulaeman mengatakan bencana longsor ini terjadi sekira pukul 03.00 WIB. Material longsor yang menimpa dinding rumah merupakan puing fondasi rumah lain yang menyebabkan kerusakan pada rumah milik Tarsanudin (54 tahun) yang dihuni empat jiwa.

Baca Juga: Tembok Irigasi Pangkalan di Waluran Sukabumi Jebol Akibat Longsor

"Curah hujan terus-menerus disertai angin kencang sehingga melemahnya kontur tanah membuat fondasi rumah longsor menimpa rumah milik Tarsanudin. Saat itu pemilik rumah sedang keadaan tidur di kamar, namun tiba-tiba tanah mengalami longsor," kata Dandi kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (9/3/2024).

Dandi mengatakan tidak terdapat korban jiwa dalam peritiwa ini namun bagian rumah jebol dan kini ditutup terpal. "Bagian tengah rumah jebol. Luas longsoran panjang 6 meter dan tinggi 3 meter. Dalam peristiwa ini tidak ada korban luka maupun jiwa hanya material. Kalau kerugian ditaksir mencapai 10 juta," ujar dia.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT