Sukabumi Update

Dipicu Hujan, Jalan Penghubung Pabuaran-Kalibunder Sukabumi Longsor

Kondisi jalan ruas Pabuaran-Bojong penghubung antara Kecamatan Pabuaran dengan Kecamatan Kalibunder Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Instensitas hujan yang tinggi mengakibatkan jalan kabupaten ruas Pabuaran-Bojong yang menjadi penghubung antara Kecamatan Pabuaran dengan Kecamatan Kalibunder mengalami longsor pada Sabtu, 9 Maret 2024, pukul 06.30 WIB. Lokasi kejadian berada di Kampung Datar Kopi RT 14/05 Desa Sukajaya, Kecamatan Pabuaran.

Sekmat Pabuaran Samsidin mengatakan longsor dengan panjang longsoran 10 meter dan lebar 2 meter itu menyebabkan jalan hampir putus.

"Ruas jalan kabupaten dari arah Pabuaran menuju Desa Bojong Kecamatan Kalibunder hampir putus, dan beberapa titik jalan mengalami anjlok sekitar 1,5 meter," ucapnya kepada sukabumiupdate.com, Senin (11/3/2024).

Menurut Sekmat, saat ini lalu lintas kendaraan roda empat tidak bisa melewati jalan tersebut karena terlalu berbahaya. 

Baca Juga: Ormas di Cidolog Sukabumi Pertanyakan HGU Perusahaan Karet dan Sawit

Selain itu, kondisi dilokasi beberapa meter lahan pesawahan yang berada dibawah jalan tertimbun material longsor.

Adapun kebutuhan mendesak berupa bronjong, karung, dan kebutuhan permanen seperti pasir, batu, semen, dan besi 12.

"Jalan sudah bisa dilewati kendaraan roda 2, namun kami tetap menghimbau kepada warga agar berhati-hati karena jalan licin dan masih labil, sewaktu-waktu bisa terjadi longsor susulan. Kami sudah berkordinasi dengan Pemdes, P2BK atau BPBD, serta dinas terkait," imbuhnya

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT