Sukabumi Update

Hati-hati Pohon Tumbang, Dampak Angin Kencang Awal Ramadhan di Sukabumi

Pohon tumbang akibat angin kencang di Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: P2BK Parakansalak

SUKABUMIUPDATE.com - Angin kencang terasa menyelimuti Sukabumi, terutama sejak awal Ramadhan 1445 Hijriah atau Senin malam, 11 Maret 2024. Akibatnya sejumlah bencana pohon tumbang terjadi, salah satunya di Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi.

Dua pohon tumbang pada Selasa sore, 12 Maret 2024, mengakibatkan tertutupnya akses jalan desa dan jalan lingkungan di Kecamatan Parakansalak. Beruntung dua pohon ini tidak menimpa kendaraan dan pengguna jalan sehingga tak ada korban luka atau jiwa yang ditimbulkan.

Meski begitu, batang pohon sempat menyebabkan tidak dapat dilintasinya jalan oleh kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil. "Angin kencang yang terus-menerus dari malam hingga sore menyebabkan dua pohon tumbang di Desa Parakansalak dan Desa Sukakersa," kata Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Parakansalak Jujun Juaeni kepada sukabumiupdate.com pada Rabu (13/3/2024).

Baca Juga: Kepala Pecah, Pohon Tumbang Tewaskan Petani di Jampangkulon Sukabumi

Kejadian pertama pohon tumbang di Kampung Parakansalak RT 4/2 Desa Parakansalak, menutup jalan desa sehingga roda dua dan empat tidak bisa lewat. Sementara kedua terjadi di Kampung Pojok RT 25/08 Desa Sukakersa, menutupi jalan lingkungan sehingga roda dua tidak bisa lewat.

"Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa. Alhamdulillah pohon bisa ditangani dan saat ini kendaraan sudah bisa melintas dengan lancar. Masyarakat diminta selalu berhati-hati dan waspada karena cuaca sedang kondisi hujan disertai angin kencang," kata Jujun.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT