Sukabumi Update

Data BPBD Awal 2024: Ada 54 Bencana di Kota Sukabumi, Didominasi Cuaca Ekstrem

BPBD Kota Sukabumi mencatat 54 bencana terjadi sejak Januari hingga Februari 2024. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi mencatat 54 bencana terjadi di Kota Sukabumi sejak Januari hingga Februari 2024.

Berdasarkan Sistem Informasi Elektronik Data Bencana (SiEdan), BPBD mencatat 36 kasus terjadi pada Januari yang disusul 18 kasus pada Februari dan tersebar di 7 Kecamatan.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Sukabumi, Suhendar, menyebut 54 bencana didominasi oleh cuaca ekstrem dengan total 31 kasus, disusul tanah longsor 7 kasus.

Baca Juga: BPBD Minta Warga Kota Sukabumi Kenali Potensi Bencana

“Pada awal triwulan I mulai 1 Januari sampai 29 Februari 2024, secara agregat tercatat 54 kejadian,” ujar Suhendar kepada sukabumiupdate.com pada Kamis (14/3/2024).

“Cuaca ekstrem 31 kali, disusul tanah longsor 7 kali, kemudian angin puting beliung dan banjir 6 kali, lalu kebakaran permukiman 3 kali, dan gempa bumi 1 kali,” tambah dia.

Atas rentetan peristiwa bencana tersebut, pihaknya menyebut telah melakukan berbagai upaya mitigasi hingga penanggulangan bencana pasca-kejadian.

“Terhadap hal tersebut BPBD Kota Sukabumi telah melakukan penanggulangan bencana mulai dari prabencana, saat, dan pasca-bencana,” ujar Suhendar. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT