Sukabumi Update

Hujan Angin Kirim Sampah dari Laut ke Pantai Palangpang Geopark Ciletuh Sukabumi

Kondisi sampah di Pantai Palangpang Geopark Ciletuh di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras disertai angin kencang dan gelombang tinggi yang terjadi di pesisir selatan Sukabumi membuat Pantai Palangpang Geopark Ciletuh di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, dipenuhi sampah kiriman dari laut.

"Hujan terus-menerus membuat debit air di Muara Ciletuh dan Muara Cimarinjung naik. Air dari hulu sungai itu membawa sampah ke laut, dan dari laut terbawa air pasang ke pantai," kata Ngeko, tour guide Geopark Ciletuh kepada sukabumiupdate.com, Jumat, 15 Maret 2024.

Baca Juga: Paska Libur Nataru, Sampah di Palabuhanratu Sukabumi Naik 15 Persen

Ngeko menuturkan sampah di sepanjang Pantai Palangpang merupakan sampah kayu dan bambu. Biasanya sampah tersebut berasal dari sungai-sungai yang mengalir lewat Muara Ciletuh dan Muara Cimarinjung. "Selain sampah, juga ada dua perahu bagan yang terdampar," jelasnya.

"Untuk wisatawan diharapkan berhati-hati dan waspada, baik dalam perjalanan maupun saat di lokasi, karena minggu-minggu ini cuaca sangat buruk. InsyaAllah kami rencananya akan melakukan bersih-bersih pantai, apalagi menghadapi liburan lebaran," ujar Ngeko.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT