Sukabumi Update

Dispar Kabupaten Sukabumi Siap Gelar Geopark Ciletuh Run 2024, Catat Tanggalnya

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kabupaten Sukabumi Luki Mufti. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pariwisata atau Dispar Kabupaten Sukabumi tengah bersiap untuk menyelenggarakan event Geopark Ciletuh Run 2024. Kegiatan Sport Tourism ini akan menjadi momen istimewa di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu Sukabumi, di mana para peserta akan merasakan sensasi lari lintas alam yang mengagumkan.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dispar Kabupaten Sukabumi, Luki Mufti mengatakan, event Geopark Ciletuh Run 2024 ini digelar dalam upaya mempromosikan keindahan alam di kawasan Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark Kabupaten Sukabumi (CPUGGp) agar dikenal lebih luas di tingkat nasional maupun internasional.

"Geopark run adalah event lari lintas alam atau trailer run dimana rute-rute yang akan dilalui berupa Pesawahan, Curug, Kampung homestay, dan juga pantai. Rencananya event ini akan dilaksanakan di kawasan Geopark khususnya di kawasan Palampang dan sekitarnya," ujar Luki kepada sukabumiupdate.com, Minggu (17/3/2024).

Menurut Luki, kegiatan ini direncanakan digelar pada tanggal 12 Mei 2024 setelah sebelumnya ditunda dari rencana awal pada bulan Desember 2023 lalu.

Lebih lanjut Luki menjelaskan, Event Geopark Ciletuh Run 2024 diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Sukabumi bekerja sama dengan Media Indonesia.

"Tujuan dari acara ini adalah untuk exposure daerah-daerah wisata tempat-tempat menarik di kawasan Ciletuh Palabuhanratu UNESCO Global Geopark khususnya untuk kawasan di Kecamatan Ciemas dan sekitarnya dengan mengusung tema Back To Nature. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para peserta untuk menjaga kelestarian alam," ungkapnya.

Luki menuturkan, Peserta Geopark Run ini terbuka untuk umum dengan memenuhi syarat-syarat tertentu terkait kesehatan dan administrasi pendaftaran. Diharapkan dengan adanya acara ini bisa mempromosikan yang maksimal terhadap tempat-tempat wisata di kawasan Geopark.

"Adapun mengenai kategori jarak, terdapat variasi seperti 5 kilometer, 10 kilometer, ada juga kategori usia di bawah 40 tahun dan di atas 40 tahun untuk kelompok laki-laki dan kelompok wanita," tandasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI