Sukabumi Update

Rp 600 Juta, Disperkim Bangun Titik Nol Kilometer Sukabumi di Alun-Alun Palabuhanratu

Alun-alun Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kabupaten Sukabumi akan segera memulai pembangunan tugu titik nol kilometer Kabupaten Sukabumi di Alun-alun Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu.

Kepala Disperkim Kabupaten Sukabumi Lukman Sudrajat mengatakan bangunan titik nol kilometer itu akan berbentuk sebuah tugu dengan nama Tugu Kabupaten Sukabumi Sehat. Menurutnya, pembangunan tersebut akan berjalan dalam dua tahap.

“Tugu titik nol kilometer Kabupaten Sukabumi akan dibangun tahun 2024. Lokasinya di atas WC yang depannya ada videotron itu,” kata Lukman, Kamis (21/3/2024).

“Pembangunan rencananya dua tahap. Tahap pertama kita fokus buat tugu yang lokasinya di atas WC di ujung alun-alun yang ada videotron. Itu kita bongkar dan kita kembalikan ke Diskominfosan. Space kosong tersebut untuk tugu,” ujarnya.

Baca Juga: Disperkim: Tugu Nol Kilometer di Palabuhanratu Sukabumi Dibangun Tahun Ini

Lukman menyebut tahap kedua akan dilaksanakan tahun 2025 mendatang. Pada tahap ini, selain menyelesaikan pembangunan tugu, pihak terkait juga akan mempercantik kawasan Alun-alun Palabuhanratu dengan konsep terbuka yang modern.

“Alun-alun itu mau direhab dengan konsep terbuka seperti di Kota Sukabumi, tidak ada sekat-sekat, pagar, dan yang ada dipapas semua. Sekarang ada pilar-pilar, itu kita buang jadi space kosong datar dan pohon yang ada tidak dihilangkan, hanya pohon sawit hilang,” ungkapnya.

Proyek pembangunan tugu titik nol kilometer ini memiliki anggaran cukup besar, di mana tahap pertama diperkirakan Rp 600 juta dari APBD Kabupaten Sukabumi. “Tahap kedua di tahun berikutnya sekitar Rp 1 miliar. Fokus kita tahun ini ke tugu. Anggaran sendiri bersumber dari APBD Kabupaten Sukabumi,” katanya. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT