Sukabumi Update

Dinas PU Naikan Status Jalan Tenjolaut Sukabumi, Ini Harapan Warga

Kondisi jalan Cikarang-Tenjolaut Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Warga Desa Tenjolaut, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, berterimakasih kepada Pemda Sukabumi, Dinas Pekerjaan Umum (PU), UPTD PU Wilayah Sagaranten, serta Forkopimcam, dimana jalan utama di wilayah desa tersebut naik status menjadi jalan kabupaten.

Hal itu disampaikan kata Kepala Desa Tenjolaut, Soleh, kepada sukabumiupdate.com, Selasa (26/3/2024).

"Tentu sangat bersyukur. Dengan naiknya status jalan Cikarang-Tenjolaut beban Pemdes dibidang pembangunan khususnya infrastruktur jalan menjadi sedikit berkurang. Spesifik namah dalam upaya membebaskan Tenjolaut dari keterisoliran, sekaligus jadi penghubung Kecamatan CIdolog dengan Kecamatan Cidadap," kata Soleh.

Perubahan status jalan ini menurutnya dinantikan hampir 10 tahun lamanya. Pada tahun 2012, kata Soleh, jalan itu hanya jalan ke kebun. Kemudian satu tahun berikutnya, Pemdes menjadikan jalan tersebut sebagai jalan desa dengan memperlebar badan jalan rata-rata lebar 3,5 meter.

“Karena akses utama melalui arah Desa Hegarmulya terkendala sungai Cikidang,” ujarnya.

Pada 2020, Pemdes Tenjolaut kembali memperlebar ruas jalan Cikarang-Tenjolaut tersebut dari yang semula hanya lebar 3,5 m menjadi rata rata lebar 6 meter.

"Tahun 2021 mulai diusulkan dan 2023 terlaksana naik menjadi jalan kabupaten.
Selain oleh pemdes, jalan tersebut juga dibangun oleh Kodim melalui program Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) berupa perkerasan sepanjang 2,8 kilometer," ungkapnya.

Menurut Soleh, di ruas tersebut kondisi jalannya masih ada yang berupa tanah, sehingga warga berharap Dinas PU untuk melakukan pembangunan berupa pengaspalan di ruas jalan tersebut.

“Jalan tanah ada 1 kilometeran, ada yang dicor 500 meter, selebihnya diperkeras. Warga Tenjolaut sangat berharap PU segera bangun ruas jalan itu," ungkapnya.

Sementara itu, Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia memastikan bahwa sesuai SK yang dibacanya, status ruas Cikarang-Tenjolaut naik menjadi jalan kabupaten pada 29 September 2023.

"Jalan penghubung Kecamatan Cidadap dengan Kecamatan Cidolog, dengan panjang 5.190 meter," imbuhnya.

Ia memastikan masukan warga terkait pembangunan ruas jalan tersebut sudah diusulkan ke bagian perencanaan Dinas PU Kabupaten Sukabumi.

“Semua sudah diusulkan”, tandasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI