Sukabumi Update

Akselerasi Capaian Target Produksi 2024, Distan Sukabumi Gelar Diseminasi

Kadistan Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap saat membuka kegiatan diseminasi data sasaran produksi tahun 2024. (Sumber : IG Distan Kabupaten Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, fokus pada akselerasi capaian target produksi 2024. Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Sri Hastuty Harahap, dalam kegiatan Diseminasi Sasaran Produksi tahun 2024 di Sukabumi, Senin (4/3/24).

Menurut Tuty, tujuan pelaksanaan diseminasi ini adalah untuk memberikan informasi kepada seluruh petugas di wilayah mulai dari UPTD, BPP, hingga POPT tentang sasaran produksi masing-masing tanaman pangan, tanaman horikultura dan tanaman perkebunan yang menjadi target Kementan, Provinsi Jabar dan target indikator Dinas Pertanian sendiri.

“Kami juga melakukan pembahasan pemetaan permasalahan di wilayah. Tujuannya untuk memitigasi kendala dan solusi alternatif,” kata Tuty usai membuka kegiatan yang digelar selama dua hari itu.

Ia menegaskan, melalui diseminasi tersebut pihaknya mengabarkan bahwa sasaran produksi akan di-breakdown untuk masing-masing kecamatan hingga sampai ke desa dan blok/kelompok tani.

“Kita lakukan itu untuk memperoleh proyeksi produksi seluruh komoditas prioritas sesuai kemampuan wilayah tentunya,” ujarnya.

Tuty menyebut, penguatan data menjadi kunci utama pencapaian target sasaran produksi. Sehingga menurutnya, perlu adanya kolaborasi antara data Luas Tambah Tanam (LTT), Luas Panen (LP), produksi, dan produktivitas.

“Sumber datanya sendiri diambil dari data LTT dan statistik pertanian yang terdiri dari tanaman pangan, hortikultura, dan kebun yang diselaraskan dengan data BPS sebagai kerangka sample area,” pungkasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI