Sukabumi Update

Akibat Jalan Berlubang, Kronologi Truk Kayu Terguling di Pangleseran Sukabumi

Truk kayu yang terguling di Jalan Pangleseran, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Rabu (27/3/2024). | Foto: SU/Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Truk bermuatan kayu gelondongan seberat 11 kubik terguling di Jalan Pangleseran, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Rabu (27/3/2024) sekira pukul 06.00 WIB. Kendaraan bernomor polisi F 8137 UZ yang dikemudikan Ikin (28 tahun) tersebut kecelakaan saat lalu lintas masih sepi.

Asep (48 tahun), teman kerja sang sopir, mengatakan kecelakaan berawal saat truk yang dikemudikan Ikin melaju dari arah Pasar Pangleseran untuk mengirim kayu ke salah satu pabrik tripleks di Cikembar. Namun belum tiba di tujuan, truk terguling ketika melintasi jalan berlubang dan berpapasan dengan kendaraan lain.

"Truk ini membawa muatan kayu berat, saat truk mau ke kiri, jalannya berlubang dalem banget, otomatis mobil jadi miring dan enggak seimbang akhirnya terbalik," kata Asep kepada sukabumiupdate.com.

Menurutnya, di sepanjang jalan itu sering terjadi peristiwa serupa yang diduga akibat kondisi jalan yang tidak layak dilintasi kendaraan besar. “Memang setiap kejadian untuk jalur ini kalau ada mobil terbalik itu karena kondisi jalannya gini dan sudah tidak memadai, enggak layak. Ini jalur alternatif yang lebih terpakai,” ujar dia.

Baca Juga: Truk Terbalik Akibat Jalan Rusak di Purabaya Sukabumi, Warga Minta Ada Perbaikan

Asep menuturkan, selain truk yang mengalami kerusakan, satu warung dan tembok pagar pabrik juga turut terdampak oleh lemparan kayu. “Untungnya di sini lagi sepi enggak ada orang. Ini warung (rusak) juga lagi kosong. Hanya memang ada kerusakan di warung sama pagar pabrik aja roboh batanya,” katanya.

Tidak ada korban luka atau jiwa dalam peristiwa ini, kata Asep, tetapi kerugian mencapai Rp 8 juta hingga Rp 9 juta. Asep berharap pemerintah dapat memperbaiki jalan tersebut. "Harapannya agar diperhatikan saja kepada Pemerintah Kabupaten Sukabumi, ada perbaikan lebih lanjutnya dan jangan sampai terulang," ujarnya.

Truk saat ini sudah dievakuasi menggunakan satu mobil derek dan kondisi lalu lintas sudah kembali normal.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT