Sukabumi Update

Cara Vihara Widhi Sakti Sukabumi Merajut Toleransi Saat Ramadan

Warga Tionghoa Vihara Widhi Sakti Kota Sukabumi bagi-bagi takjil. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Toleransi antar umat beragama semakin nyata di Kota Sukabumi. Kali ini, kehangatan itu diperlihatkan warga non-muslim di Vihara Widhi Sakti Sukabumi dengan berbagi takjil saat bulan Ramadan.

Pantauan langsung sukabumiupdate.com pada Jumat 29 Maret 2024 sekira pukul 14:30 WIB di lokasi, nampak sejumlah warga tionghoa membagikan takjil menu buka puasa berupa nasi box kepada para pengendara yang melintas di Jalan Pajagalan, Warudoyong Kota Sukabumi.

Kwan Boel Liong selaku Locu (pemuka agama) di Vihara Widhi Sakti Kota Sukabumi mengatakan, kegiatan berbagi takjil di bulan ramadan tersebut bukan kali pertama dilakukan.

“Setiap ada acara kayak sekarang ini, kita sebetulnya punya target untuk warga yang tidak mampu. Jadi ini pengen ngeliatin keberagaman tidak ada perbedaan dan pengen menonjolkan nilai toleransi di Kota Sukabumi,” ujar Kwan.

Menurutnya, warga tak perlu khawatir dengan makanan yang dibagikannya. Pasalnya Vihara sangat menjaga kehalalan dalam masakannya. “Kita memang di sini sudah tahu, dimana yang halal mana yang engga, tapi kita tetap menjaga kehalalan dan semua yang kerja juga betul-betul menjaga itu,” kata dia.

Lebih lanjut, Kwan berharap dengan adanya kegiatan itu dapat memantik warga lainnya untuk berbagi di bulan ramadan ini. “Saya berharap yang lain juga ikut dalam kemeriahan ini, berbagi makanan buat yang berpuasa, terutama kepada para pengusaha, yayasan yang lain juga kan supaya kita di Kota Sukabumi itu betul-betul menjadi kota toleransi,” harapnya.

Sementara itu, pengurus Vihara Widhi Sakti Dani menambahkan bahwa dalam kegiatan itu pihaknya menyediakan sebanyak 500 nasi box yang dibagikan kepada pengguna jalan baik itu masyarakat, pengemudi ojek online, pengepul barang rongsok hingga sopir angkutan kota.

“Kita hari ini kegiatannya bagikan nasi box (takjil) sebanyak 500, dimulai tadi dari jam 16:00 Wib, Iya kita rame-rame masak di belakang (dapur vihara) dan persiapannya udah dari kemarin, hari ini pembagiannya,” ujar Dani.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT