Sukabumi Update

Banjir dan Rumah Ambruk, BPBD Tangani 4 Bencana di Kota Sukabumi Akibat Hujan Deras

Petugas BPBD Kota Sukabumi saat berada di lokasi bencana pada Rabu malam, 3 April 2024. | Foto: BPBD Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat empat kejadian bencana di Kota Sukabumi akibat hujan deras pada Rabu, 3 April 2024. Tiga di antaranya banjir limpasan, sedangkan satu lainnya adalah atap rumah ambruk.

Tiga lokasi banjir limpasan terjadi di Jalan Letda T Azmita, Kampung Babakan Kuta RT 05/01 Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang. Kemudian di Jalan Pemuda, Gang Karya Bhakti, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang. Lalu di Jalan Cipelang Letik (depan Gapura Cipelang) Kelurahan Selabatu, Kecamatan Cikole.

Sementara berdasarkan catatan BPBD Kota Sukabumi, peristiwa atap rumah ambruk terjadi di Jalan Pasundan RT 05/04 Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong.

Baca Juga: Jalan Nasional Sukabumi-Bogor Sempat Lumpuh Tertutup Pohon Tumbang di Ciutara

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Novian Rahmat Taufik mengatakan seluruh bencana terjadi dalam waktu yang berdekatan atau bersamaan yakni antara pukul 17.00 hingga 19.00 WIB. Penyebabnya adalah hujan deras, ditambah pelapukan bangunan rumah.

“Penyebabnya intensitas hujan tinggi dan ada pelapukan pada bangunan rumah atau atap,” ujar Novian kepada sukabumiupdate.com.

Novian menyebut empat titik bencana telah ditangani, namun dua keluarga dengan delapan jiwa terdampak. Rinciannya, satu keluarga (empat jiwa) korban banjir limpasan di Jalan Letda T Azmita dan satu keluarga (empat jiwa) adalah yang atap rumahnya ambruk.

“Alhamdulillah tadi malam pukul 21.00 WIB semuanya dapat ditangani,” ujar dia. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT