Sukabumi Update

H-6 Lebaran, Harga Bahan Pokok di Pasar Palabuhanratu Sukabumi Terpantau Stabil

Pasar Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi mulai ramai di kunjungi pembeli pada Kamis (4/4/2024) atau H-6 lebaran idul fitri | Foto : Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki H-6 menuju Hari Raya Idul Fitri 1445 H situasi harga bahan pokok di Pasar Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi terpantau stabil. dengan tidak terjadi kenaikan harga yang signifikan.

Kepala UPTD Pasar Palabuhanratu, Uus Heryanto mengatakan hingga saat ini belum terjadi kenaikan yang mencolok pada harga bahan pokok di pasar semo modern Palabuhanratu.

Menurut Uus, data harga komoditas bahan pokok di pasar palabuhanratu seperti beras medium Rp14 ribu per kilogram dan beras premium Rp15 ribu per kilogram.

Adapun harga daging kerbau Rp 130 ribu per kilogram, daging sapi Rp 125 ribu per kilogram, daging ayam Rp 40 ribu per kilogram, cabai merah besar Rp50 ribu per kilogram, cabe keriting Rp 40 ribu per kilogram, dan cabai rawit merah Rp 80 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga bawang merah 30 ribu per kilogram.

"Sejauh ini, harga-harga bahan pokok seperti beras, daging, dan sayuran masih relatif stabil. Meskipun ada sedikit kenaikan, namun tidak signifikan," kata Uus kepada sukabumiupdate.com di kantor UPTD pasar Palabuhanratu Kamis (4/4/2024).

Baca Juga: Perhatian, 10 Titik Rawan Kemacetan di Jalan Sukabumi-Bogor Imbas Longsor Tol Bocimi

Baca Juga: Elf Pajampangan Surade Sukabumi Mogok! Protes Trayek Baru Bus Damri

Dia juga menambahkan bahwa dari bulan Maret hingga saat ini, ada sedikit kenaikan pada harga daging ayam sebesar 2 ribu rupiah, namun untuk harga beras mengalami penurunan.

"Dari bulan maret kebelang ada kenaikan di daging ayam yang tadinya 38 menjadi 40 ribu ada kenaikan 2 ribu. Allhamdulilah beras turun. Untuk daging sapi di awal bulan januari ada kenaikan tadinya di harga 110, 120 sekarang menjadi 125 ribu, jadi sekarang ada kenaikan di kisaran 10 ribu atau 5 ribu,"bebernya.

Uus mengungkapkan bahwa harga bahan pokok di pasar Palabuhanratu itu mengalami kenaikan pada saat munggahan (jelang puasa) kemarin.

"Biasanya kalau harga naik itu menjelang munggahan atau hari potong itu pasti ada kenaikan harga di bahan pokok. Kondisi pasokan aman di setiap tahun juga kita masih mengawasi stok hari pemotongan atau munggahan, setiap tahun aman," tandasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT