Sukabumi Update

Hadapi Mudik, Dinkes Kota Sukabumi Periksa Kesehatan Awak Bus dan Penumpang

Dinkes Kota Sukabumi saat memeriksa kesehatan awak bus dan penumpang di Terminal Tipe A pada Rabu, 3 April 2024. | Foto: Dinkes Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi melakukan pemeriksaan kesehatan gratis untuk awak bus dan penumpang di Terminal Tipe A Kota Sukabumi pada Rabu, 3 April 2024.

Kepala Dinkes Kota Sukabumi Dr. Reni R Muthmainnah, M.Kes mengatakan kegiatan ini bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Sukabumi. Sasarannya adalah para sopir, kernet, dan penumpang bus.

"Pemeriksaan kesehatan untuk pengemudi dan awak bus ini dilaksanakan untuk persiapan menghadapi mudik lebaran. Kemudian memastikan kesehatan awak bus dan penumpang," kata Reni kepada sukabumiupdate.com.

Kesehatan tersebut, salah satunya adalah mencegah awak bus dan penumpang dari penyalahgunaan narkoba. Reni menyebut pemeriksaan ini meliputi pemeriksaan laboratorium sederahana, tes narkoba, dan konsultasi kesehatan.

Baca Juga: Kick Off Pelayanan Publik, Dinkes Kota Sukabumi Raih Penghargaan Ombudsman

"Selain itu juga dilakukan screening TB paru bagi pengemudi dan awak bus. Tujuannya memastikan dan melakukan screening pada pengemudi agar dapat mengantisipasi kondisi kesehatan dalam rangka mudik lebaran," ujarnya.

"Kegiatan ini pun untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat mudik. Pengemudi yang sehat dan bugar diharapkan dapat menjalankan tugasnya selama lebaran dengan aman dan selamat," kata Reni.

Hasil dari pemeriksaan Rabu kemarin terhadap 50 pengemudi bus antarkota, 47 orang dinyatakan sehat dan layak untuk mejalankan tugasnya. Sementara tiga orang lain, hasilnya layak, namun dengan catatan.

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari para awak bus dan penumpang. Salah seorang sopir bus, Asep, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat baginya.

"Dengan pemeriksaan kesehatan ini, saya jadi tahu kondisi kesehatan saya. Saya juga merasa lebih tenang karena terminal ini bebas dari narkoba," kata Asep. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT