Sukabumi Update

8 Kali One Way Atasi Macet di Cigombong Menuju Sukabumi, Jalur Tenjoayu Jadi Alternatif

Kondisi lalu lintas di Jalan Nasional Sukabumi-Bogor pada Sabtu (6/4/2024). | Foto: SU/Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Kemacetan di jalan nasional, tepatnya sekitar pintu masuk/keluar Tol Bocimi Seksi 1 Cigombong dari arah Bogor/Jakarta menuju Sukabumi mulai teratasi pada Sabtu (6/4/2024). Kondisi ini terjadi karena diterapkan sistem one way atau satu arah.

Sebelumnya kepadatan di jalur itu disebabkan masyarakat yang belanja ke pasar. Kemudian diperparah oleh ditutupnya pintu masuk/keluar tol di Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, akibat longsor Tol Bocimi Seksi 2 KM 64, sehingga kendaraan dari Tol Bocmi seluruhnya keluar di pintu Cigombong.

Kasat Lantas Polres Sukabumi AKP Fiekry Adi Perdana mengatakan pada Sabtu ini sejak pukul 08.00 WIB, arus lalu lintas menuju Sukabumi cukup lancar. Kepolisian disebut Fiekry, melakukan delapan kali one way di jalan nasional sehingga kendaraan hanya melaju dari Bogor/Jakarta mengarah Sukabumi.

Menurut Fiekry, apabila kembali terjadi kepadatan di jalan nasional menuju Sukabumi, pihaknya akan merekomendasikan kendaraan memilih jalur alternatif Tenjoayu.

Baca Juga: Pintu Keluar Tol Bocimi di Cigombong Macet, Kendaraan Padat Menuju Sukabumi

"Jalur alternatif sementara buka tutup. Arus mudik diarahkan ke alternatif Tenjoayu keluar di PT Heshe Parungkuda, sedikit (lebih jauh), kurang lebih 9,7 kilometer untuk ke sana. Tapi ini supaya volume kendaraan di jalan nasional tidak terlalu padat," katanya.

Fiekry menyebut titik kemacetan khususnya yang menjadi kepadatan adalah di Pasar Cicurug sampai simpang tiga Cidahu. "Setelah jalan itu kecepatan bisa 30-50 Kilometer per jam. Kita masih berusaha semua pagar betis, alhamdulillah sekarang terlihat secara visual dan secara real ke arah Sukabumi bisa 50-60 kilometer per jam," katanya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT