Sukabumi Update

Perumdam TJM Kalapanunggal Sukabumi Siap Hadapi Lonjakan Pemakaian Air di Lebaran

Kantor Perumdam TJM Sukabumi cabang Kalapanunggal. (Sumber : Dok. SU)

SUKABUMIUPDATE.com - Kepala Cabang Perusahaan Umum Daerah Tirta Jaya Mandiri (Perumdam TJM) Kalapanunggal Sukabumi, Asep Ramdani, menegaskan bahwa setiap tahun, permintaan air di wilayah Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi selalu meningkat signifikan saat hari raya Idul Fitri atau Lebaran.

"Setiap hari raya Idul Fitri membutuhkan pasokan air yang besar, itulah mengapa kami siap siaga selama 24 jam. ungkapnya kepada sukabumiupdate.com pada Minggu (7/4/2024).

Ia menjelaskan bahwa tidak hanya penduduk sekitar, namun juga banyak orang dari luar daerah yang membanjiri Kalapanunggal selama bulan puasa dan liburan Idul Fitri, yang membuat permintaan air semakin meningkat.

"Kami sering melihat bahwa banyak orang dari luar kota yang pulang ke Kalapanunggal selama periode tersebut, yang pastinya akan meningkatkan penggunaan air," ujarnya.

Baca Juga: Perumdam TJM Palabuhanratu Akan Kuras Intake Air Baku, Cek Jadwal dan Lokasi Terdampak di Sini

Menurutnya, pihaknya siaga mulai dua hari sebelum Idul Fitri hingga dua hari setelahnya dengan petugas piket. Namun demikian, pada malam takbiran dan hari setelahnya, mereka tetap berjaga dan hanya beristirahat saat melaksanakan shalat Idul Fitri.

Asep Ramdani menegaskan bahwa pada tanggal 10-11 April, pihaknya siap siaga untuk memastikan pasokan air tetap stabil. "Bagian teknisnya bahkan bisa bekerja 24 jam, termasuk selama libur 6 hari, dengan tim teknis dan tim humas yang telah dipersiapkan," tuturnya.

Ia mengimbau untuk di hari raya itu konsumen diharapkan bijak menggunakan air, mencegah bilamana ada kekurangan air konsumen bisa menggunakan sesuai dengan kebutuhan.

"Tidak dihambur hamburkan. Keduanya kalau pun nanti pemakaian banyak, dibikinlah penampungan dulu, jangan terlalu pemborosan," katanya.

"Saya juga memohon maaf apabila di hari H ada kendala yang tidak diinginkan, seperti kebocoran kan kita tidak bisa prediksi. Kalau kebocoran besar kita lakukan penanganan langsung," pungkasnya menambahkan. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT