Sukabumi Update

Liburan di Pantai Sukabumi Tetap Waspada! Basarnas: Ombak Cukup Tinggi

para petugas bersiaga Sar Siaga di objek wisata pantai Citepus Istiqomah, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi (Sumber: su/ilyas)

SUKABUMIUPDATE.com - Kondisi ombak di pesisir pantai Sukabumi cukup tinggi pada libur lebaran idul fitri 1444 H/2024. Wisawatan diminta tetap waspada saat menikmati pantai-pantai wisata di Sukabumi.

Pantauan Basarnas melaporkan pada kamis (11/4/2024) ombak di kawasan teluk palabuhanratu mencapai ketinggian 1,5 hingga 2 meter.

Korpos Sar Basarnas Sukabumi Suryo Adianto, mengatakan, di hari pertama libur lebaran atau Idul Fitri 1445 H ini, wisatawan yang berkunjung ke objek wisata pantai Citepus Istiqomah terpantau ramai sejak pagi.

"H + satu kondisi pengunjung di sini mengalami peningkatan dari hari-hari sebelumnya, wisatawan sudah mulai masuk ke wilayah pantai Sukabumi sejak hari H kemarin," kata Suryo Kamis (11/4/ 2024).

Ia juga mengatakan bahwa untuk kondisi ketinggian gelombang di objek wisata pantai Palabuhanratu mencapai 1,5 sampai 2 meter. Meskipun demikian, pihaknya akan tetap berjaga-jaga jika terjadi situasi yang tidak terduga terkait dengan kondisi cuaca dan ombak.

"BMKG yang telah memberikan informasi terkait kondisi ombak yang masih dalam keadaan normal, yaitu sekitar 1,5 sampai 2 meter. Paling ombak terlihat besar itu di momen terjadi pasang surut itu terlihat perbedaannya," ujar Suryo.

Adapun untuk memberikan rasa aman dan nyaman para wisawatan, Suryo mengatakan, Para petugas gabungan dari mulai dari personel Basarnas,TNI, Polri serta para unsur SAR lainnya telah belakukan penjagaan di beberapa titik objek wisata yang ada di Kabupaten Sukabumi.
"Kita mengerahkan sebanyak 13 personel Basarnas. Pengunjung di Pantai Citepus Istiqomah hingga saat ini menjelang sore masih berdatangan," kata dia.

Lanjut Suryo, Pihaknya juga telah mengintruksikan kepada para personelnya agar tidak bosan-bosan melakukan himbauan kepada wisatawan agar tetap berhati hati saat melakukan aktivitas berenang ataupun mandi di pantai Citepus Istiqomah.

Baca Juga: Simak! Rekayasa Lalu Lintas Jalur Cicurug dan Palabuhanratu saat Libur Lebaran 2024

"Sampai saat ini terkait laka laut Alhamdulillah nihil, kita tidak bosan terus memberi himbauan kepada seluruh wisatawan yang masuk di pantai ini untuk selalu waspada," jelasnya.

"Artinya kita meningkatkan kewaspadaannya dan memperhatikan anggota keluarganya terutama anak-anak agar selalu diawasi terkait kegiatannya di air," imbuhnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT