Sukabumi Update

Jalur Wisata Palabuhanratu Padat di H+3 Lebaran, Polisi Terapkan 2 Kali One Way

Polisi memberlakukan sistem one way di simpang tiga Gunung Butak, Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi, Sabtu (13/4/2024) sore. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Hingga pukul 14.30 WIB, Polisi terpantau sudah memberlakukan dua kali rekayasa lalulintas one way atau satu arah di Simpang tiga Gunung Butak, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi pada hari ketiga Libur Lebaran 2024, Sabtu (13/4/2024).

Hal ini dilakukan karena terjadi penumpukan kendaraan di kawasan objek wisata Pantai Citepus Palabuhanratu hingga Karanghawu dan Cibangban Cisolok sejak pagi tadi.

Polisi pun memberlakukan sistem one way sepenggal pada pukul 13.00 WIB dan 14.13 WIB dengan memprioritaskan kendaraan yang hendak arus balik dari arah Pantai melalui jalan Gunung Butak.

Baca Juga: Wisatawan ke Pantai Sukabumi Kian Membludak di Hari Ketiga Libur Lebaran 2024

Di mana untuk kendaraan kecil diarahkan menuju jalan Cikidang, sementara untuk kendaraan besar diarahkan ke jalan Warungkiara.

"Untuk mengurangi kepadatan kendaraan kita melakukan sistem satu arah atau one way, dengan waktu 30 menit," ujar Kasi Humas Polres Sukabumi, Iptu Aah Sapulrohman kepada sukabumiupdate.com di lokasi.

"Untuk arus balik kita arahkan ke jalan Gunung Butak, sementara untuk kendaraan yang akan mengarah ke objek wisata kita tahan dulu karena untuk mengurangi kepadatan kendaraan," sambungnya.

Polisi memberlakukan sistem one way di simpang tiga Gunung Butak, Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi, Sabtu (13/4/2024) sore.Polisi memberlakukan sistem one way di simpang tiga Gunung Butak, Kecamatan Palabuhanratu Sukabumi, Sabtu (13/4/2024) sore.

Menurut Aah, pelaksanaan rekayasa arus lalulintas di jalur Wisata Palabuhanratu ini dilakukan secara fungsional disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

"Pelaksanaan One way diterapkan manakala ekor dari antrian kendaraan memanjang," Jelas Aah.

Aah memprediksi peningkatan arus kendaraan ke arah Pantai di H+3 Lebaran ini akan masih terjadi hingga malam nanti. Oleh karena itu pihaknya mengimbau kepada wisatawan yang akan berkunjung ke objek wisata agar selalu tetap berhati hati dan mematuhi arahan petugas.

"Kami prediksi sore sampai malam masih ada peningkatan arus wisatawan. Jadi kami dari pihak kepolisian mengimbau kepada para pengunjung agar tetap berhati hati patuhi para petugas yang berjaga, para pengunjung disarankan untuk berhati-hati saat berkendara," tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT