Sukabumi Update

Ragam Potensi Wisata hingga Perikanan di Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi

Kantor Kecamatan Caringin Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Kecamatan Caringin merupakan satu dari 47 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi. Selain terkenal menjadi sentra penghasil ikan hias dan ikan konsumsi, Kecamatan Caringin juga memiliki potensi wisata yang tak kalah menarik.

Camat Caringin Kabupaten Sukabumi, Yayan melalui Kasi Pemberdayaan Masyarakat Daerah Priatman mengatakan bahwa sejak dulu wilayahnya sudah menjadi sentra penghasil ikan air tawar, baik ikan hias maupun ikan konsumsi.

“Sudah dari dulu, di sini memang menjadi penghasil ikan, mau itu ikan koi atau ikan buat konsumsi, memang sudah dari dulu warga sini bergerak di bidang itu,” ujar Priatman kepada sukabumiupdate.com saat ditemui di kantornya, Selasa (16/4/2024).

Tak hanya itu, potensi lain yang dimiliki Kecamatan Caringin merupakan potensi wisata alam, pasalnya memiliki wilayah yang langsung berbatasan dengan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) membuatnya memiliki pasokan air dan potensi alam yang sangat baik.

“Alhamdulillah, itu (sentra perikanan) juga mungkin karena dipengaruhi oleh air yang datang langsung dari gunung, jadi bagus buat ikan, pertanian dan sebagainya,” kata dia.

“Selain itu juga potensi wisata alamnya, kalau daerah atas kan sedikit berbukit wilayahnya, jadi disana kan ada Pasir Datar sama Pangapungan (paralayang),” tambah dia.

Adapun upaya yang terus dilakukannya untuk mendongkrak ekonomi masyarakat. Pihaknya menyebut upaya itu tentu akan terus dilakukan.

“Untuk upaya kami terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, kami juga komunikasi dengan pemda terkait pemberdayaan semua potensi yang kami miliki, mudah-mudahan kedepan bisa mengangkat juga (ekonomi masyarakat),” pungkasnya. (ADV)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI