Sukabumi Update

Korban Bencana Belum Terbantu, Dinsos Kabupaten Sukabumi Jelaskan Penyebabnya

(Foto Ilustrasi) Dinsos Kabupaten Sukabumi menjelaskan soal keterlambatan bantuan bagi warga yang terdampak bencana. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi menanggapi banyaknya bencana, baik kebakaran maupun hujan deras disertai angin kencang di beberapa kecamatan. Korban kejadian tersebut ada yang hingga saat ini belum tersentuh bantuan.

Kepala Dinsos Kabupaten Sukabumi Wawan Godawan Saputra mengatakan keterlambatan bantuan kepada warga yang terdampak bencana adalah disebabkan buffer stock logistik, di mana bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Kementerian Sosial (Kemensos) sudah habis.

Baca Juga: Dinsos Bantu Warga Terdampak Banjir Rob di Pesisir Palabuhanratu Sukabumi

"Sementara dari APBD Kabupaten Sukabumi sedang proses pengadaan. Selain itu, ada beberapa berita acara atau surat permohonan yang belum masuk," kata dia kepada sukabumiupdate.com, Rabu (17/4/2024).

Wawan mengakui selama ini terus menjalin komunikasi dan berkoordinasi dengan Dinsos Jawa Barat dan Kemensos. "Kami sedang berkoordinasi dengan Kemensos dan Dinsos provinsi. Memang persediaannya terbatas, sedangkan laporan kejadiannya meningkat," ujarnya.

"Kalau lokasi kejadian (bencana) dekat dengan lumbung sosial Kampung Siaga Bencana, kami sarankan untuk bisa di-cover dari sana," katanya. (ADV)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT