Sukabumi Update

Perut Membengkak, Janda Asal Ciracap Sukabumi Butuh Bantuan untuk Berobat

Rosmawati (57 tahun) di rumahnya di Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Janda bernama Rosmawati (57 tahun) asal Kampung Batunamprak RT 03/09 Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, hanya dapat terbaring merasakan sakit yang dialaminya. Rosmawati tinggal di rumah semi permanen berdinding bilik ukuran 5x7 meter persegi.

Anak pertama Rosmawati, Sifa (33 taahun), mengatakan ibunya mengalami sakit kurang lebih sudah tujuh bulan dengan kondisi perut membengkak. Adapun ayahnya atau suami Rosmawati meninggal dunia sekitar dua tahun lalu. Menurut Sifa, penyakit tersebut semakin parah dan membuat ibunya tak dapat banyak bergerak.

"Kalau sakitnya memang sudah lama, hampir tujuh bulan. Sebelum bulan puasa penyakitnya semakin parah, pada bagian perut mengalami pembengkakan," kata Sifa kepada sukabumiupdate.com pada Jumat (19/4/2024).

Baca Juga: Butuh Biaya, Kisah Cecep Asal Baros Sukabumi Berjuang Lawan Tumor Mata

Melihat kondisi ibunya yang mengkhawatirkan, Sifa sempat membawa Rosmawati ke RSUD Jampangkulon pada bulan Ramadhan kemarin menggunakan ambulans Desa Cidahu, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Sukabumi. Ini karena saat itu ambulans Desa Pangumbahan, tempat mereka tinggal, sedang diperbaiki.

"Kebetulan punya saudara di Desa Cidahu. Ibu dirawat selama enam hari menggunakan BPJS. Menurut pihak rumah sakit, ibu menderita penyakit liver. Ketika di rumah sakit itu sudah kempis, tapi pulang dari rumah sakit, hanya dua hari, terjadi lagi pembengkakan pada bagian perut dan kaki," ungkapnya.

"Harapannya ibu ingin sembuh dan berobat kembali ke RSUD Sekarwangi rencananya, tetapi masih terkendala biaya (membutuhkan bantuan)," kata Sifa yang diketahui memiliki dua adik.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Agus Sanusi mengaku sudah memerintahkan petugas kesehatan Puskesmas Ciracap untuk segera mengecek ke lokasi alamat pasien yaitu Rosmawati. "Petugas kesehatan dari Puskesmas Ciracap sudah ke lolasi," katanya.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh, Puskesmas Ciracap sudah memeriksa kondisi Rosmawati pada Jumat ini, didampingi Satpol PP Ciracap dan Pemerintah Desa Pangumbahan. Hasilnya, Puskesmas Ciracap mengatakan Rosmawati harus dirujuk ke rumah sakit.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT