Sukabumi Update

Inilah Finalis Terpilih Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi 2024

Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi menggelar Pasanggiri Mojang Jajaka Sukabumi 2024 | Foto : Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sukabumi telah sukses menggelar acara Pasanggiri Mojang Jajaka yang memukau. Puluhan pasang Moka menampilkan kebolehan mereka dalam acara yang berlangsung di Taman Rekreasi Cimalati, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/24) malam.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Luki Mufti, mengatakan, acara ini merupakan bagian dari Kegiatan Pemilihan Duta Wisata Mojang Jajaka Tingkat Kabupaten Sukabumi Tahun 2024. Acara tersebut diikuti oleh peserta dengan kriteria tertentu dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

Luki menjelaskan sebanyak 70 peserta Pasanggiri Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi tahun 2024 telah mengikuti seleksi yang dimulai dari pendaftaran, karantina, hingga grand final pada malam tersebut.

Dari peserta tersebut, 54 orang lolos seleksi administrasi, dan 20 orang lagi lolos seleksi interview secara online. Akhirnya, yang mengikuti karantina dan grand final adalah 20 orang finalis, terdiri dari 10 pasang Moka yang masing-masing terdiri dari 10 finalis Mojang dan 10 finalis Jajaka.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah menciptakan generasi muda yang berpotensi untuk mengasah dan mengembangkan bakat, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik, khususnya dalam bidang seni dan budaya Sunda," ungkapnya.

Baca Juga: Kartini Hari Ini: Refleksi Pemikiran Pemberdayaan Perempuan dalam Konteks Multikulturalisme

Baca Juga: Siswi SMAN 1 Cisaat Meninggal saat Seleksi Paskibraka Kabupaten Sukabumi

"Acara ini juga menjadi upaya pelestarian budaya yang saat ini mulai tergeser oleh budaya asing. Melalui pemilihan Duta Wisata Mojang Jajaka Kabupaten Sukabumi, diharapkan budaya tradisional semakin dicintai dan eksis di tengah masyarakat, serta menjadi inspirasi bagi generasi mendatang," terangnya

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Juara Atribut Mojang Jajaka Kameumeut Kabupaten Sukabumi 2024 dimenangkan oleh Aulia Ramadhani dari Kecamatan Parungkuda, dan Denri dari Kecamatan Warungkiara.

Selanjutnya Mojang Jajaka Parigel Kabupaten Sukabumi 2024 dimenangkan oleh Anna Nur Aulia dari Kecamatan Cicurug, dan Dikri Saparudin dari Kecamatan Nagrak.

Kemudian Mojang Jajaka Integensia Kabupaten Sukabumi 2024 dimenangkan oleh Jasmine Al Dhahrani dari Kecamatan Sukabumi dan Riswandi dari Kecamatan Simpenan.

Sedangkan Juara Utama Mojang Jajaka wakil II Kabupaten Sukabumi 2024 dimenangkan oleh Auliya Ramadhani dari Kecamatan Parungkuda, dan Rahadian dari kecamatan Lengkong.

Serta Mojang Jajaka wakil I Kabupaten Sukabumi 2024 dimenangkan oleh Tessa Yasmin Sofia dari Kecamatan Ciracap, dan Alvine Ferdian dari Kecamatan Cibadak.

Sementara Mojang Jajaka Pinilih Kabupaten Sukabumi 2024 dimenangkan oleh Bela Agustina dari Kecamatan Cicurug, dan Agim Abdul Hakim dari Kecamatan Cidahu.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT