Sukabumi Update

Dinsos Sukabumi Salurkan Program Makan Untuk Lansia Di Tegalbuleud Sukabumi

Program makan bagi lansia di Tegalbuleud Sukabumi | Foto : Ragil Gilang

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, bantu salurkan program bantuan makanan bagi lanjut usia (Lansia), yang merupakan program Kemensos RI.

Bantuan makanan untuk Lansia tersebut berupa makanan siap konsumsi terdiri dari nasi atau sejenisnya (menyesuaikan daerah masing masing), lauk pauk, sayur, buah potong, dan air mineral yang diberikan sebanyak dua kali dalam sehari dalam satu kali pengantaran.

Desa Sumberjaya, Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, salah satu desa yang menyalurkan bantuan program makanan untuk Lansia.

Menurut Puskesos Desa Sumberjaya, Muh Erick Erdiansyah program Kemensos RI melalui Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi sudah berjalan dari tahun 2023, dan sekarang 2024, untuk penerima manfaat di Desa Sumberjaya ada 13 orang, dengan usia 80 tahun, hingga 95 tahun.

"Dari 13 KPM, ada yang sudah benar benar jompo, bahkan tidak bisa bergerak (lumpuh), sebanyak 5 orang, dan membutuhkan kursi roda," ucapnya kepada sukabumiupdate.com, Junat (19/4/2024).

Baca Juga: Kronologi dan Dugaan Penyebab Meninggalnya Siswi Sukabumi saat Seleksi Paskibraka

Respon para Lansia dan keluarganya cukup baik, ujar Erick, mereka merasa terbantu dengan adanya program itu, bisa makan yang layak. Kalau penyaluran ke KPM itu tiap hari, harus sampai sebelum pukul 12.00 WIB, atau sebelum dzuhur.

Anggarannya sebesar Rp30 ribu, untuk dua kali makan pagi dan siang, jadi satu kali makan anggarannya sebesar Rp 15 ribu. Adapun ongkos kirim sebesar Rp2.500 per KPM. Kalau kondisi jalan dan jarak antar KPM, diperkampungan pasti beda dengan di perkotaan.

"Kendalanya sinyal jaringan internet, karena setiap prose kegiatan mulai dari masak, hingga ketempat KPM, harus langsung dilaporkan melalui aplikasi, dan ongkos yang minim mengingat jarak tempuh, bahkan beberapa desa tidak mengambil program itu, kendati banyak Lansia yang membutuhkan," tuturnya.

"Alhamdulilah, kalau penerima manfaat sangat respon dengan program ini, mungkin kalau ada kebijakan, setiap desa juga akan ikut partisipasi," imbuhnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT