Sukabumi Update

Rumah Tertimpa Tembok Bangunan Ambruk, Lansia di Nagrak Sukabumi Terpaksa Mengungsi

Kondisi rumah lansia di Nagrak Sukabumi yang alami kerusakan usai tertimpa tembok bangunan rumah warga lainnya yang ambruk karena longsor. (Sumber : P2BK Nagrak)

SUKABUMIUPDATE.com - Dua rumah di Kampung Cibodas RT 28/06, Desa Pawenang, Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi alami kerusakan usai terdampak longsor.

Longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut, Selasa (23/4/2024) sekitar pukul 15.00 WIB.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Nagrak, Miky mengatakan, saat itu tanah pondasi bangunan rumah milik warga bernama Edoh (47 tahun) yang dihuni 1 KK 3 Jiwa alami longsor karena diguyur hujan intensitas tinggi.

Longsor sepanjang 6 meter dan tinggi 3 meter itu kemudian menyeret tembok bangunan rumah Edoh yang masih dalam pembangunan hingga ambruk lalu menimpa satu unit rumah warga lain yang tepat di bawahnya. 

"Longsoran juga menutupi jalan gang penghubung antar RT," kata Miky dalam keterangannya yang diterima sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Viral Emak-emak Ngamuk Maksa Minta Sedekah di Sukabumi, Polisi Turun Tangan

Miky memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian itu. Namun penghuni rumah yang tertimpa material longsor bernama Arsih (75 tahun) terpaksa harus mengungsi.

"Bu Arsih kini mengungsi di rumah anaknya," jelasnya.

Pasca menerima laporan kejadian, lanjut Miky, pihaknya kemudian berkoordinasi bersama pemdes Pawenang, dan URC PB Desa Pawenang guna assessment ke lokasi kejadian.

"Kita bersama masyarakat setempat langsung melakukan evakuasi reruntuhan matrial longsoran secara bergotong royong," tuturnya.

"Adapun kebutuhan mendesak berupa tenda gulung, matrial bangunan, alas tidur dan kebutuhan dasar," tambahnya.

Miky pun mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan menghadapi cuaca ekstrim yang sering terjadi.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT