Sukabumi Update

Supaya Terlihat Cocok, Simak Cara Memilih Kacamata Sesuai dengan Tipe Wajah

SUKABUMIUPDATE.com - Kacamata yang dipakai seseorang terkadang bisa cocok dan bisa juga terlihat tidak cocok ketika dipakai. Hal itu karena perbedaan bentuk wajah dari setiap orang yang berbeda-beda.


Memilih kacamata sesuai dengan bentuk wajah memang cukup sulit karena banyaknya pilihan model kacamata. Alhasil membuat orang asal membeli model kacamata yang kurang sesuai dengan bentuk wajahnya. 


Bukannya meningkatkan penampilan, namun memilih kacamata yang salah malah dapat menurunkan penampilan. 


Untuk mengenakan kacamata yang cocok, terlebih dahulu, harus mengetahui tipe wajah yang dimiliki. Sebab, tidak semua bingkai cocok untuk semua bentuk wajah. Dihimpun dari Tempo.co yang dilansir dari WebMD, berikut kacamata yang cocok untuk segala tipe wajah, diantaranya:


1. Wajah Persegi


Wajah persegi memiliki garis rahang yang lebar dan kuat serta tulang pipi yang sama lebarnya dengan garis rahang, memberikan tampilan persegi. Jika memiliki tipe wajah persegi, cocok apabila mengenakan kacamata dengan bingkai bulat dan oval. 


Bingkai ini dapat membantu menyeimbangkan sudut tajam rahang. Memilih bingkai tipis yang lebih lebar dari tulang pipi juga dapat membantu melembutkan fitur wajah.


2. Wajah Bulat


Wajah bulat sebagian besar asimetris dengan tulang pipi lebar, seringkali memberikan tampilan wajah bulat atau lingkaran yang tidak rata. Bingkai yang tebal dan bersudut, seperti bingkai persegi panjang, cat-eye, dan geometris, cocok untuk wajah bulat. 


Memastikan bingkai berada tepat di atas tulang pipi bisa mendapatkan efek terbaik. Bingkai persegi panjang akan membantu wajah bulat terlihat lebih panjang dan kurus. Bingkai geometris memberikan garis tajam yang akan menyeimbangkan tampilan. Dan bingkai mata kucing akan membantu menonjolkan mata dan pipi pemilik wajah bulat. 


3. Wajah Hati


Wajah berbentuk hati, juga disebut sebagai bentuk segitiga terbalik, memiliki tulang pipi yang terpahat dan dahi yang lebar. Bingkai penerbang atau aviator dan bingkai D menjadi pilihan terbaik untuk wajah berbentuk hati. Bingkai ini memiliki tampilan bersayap yang mengalihkan fokus dari dahi. 


Jika ingin menjaga keseimbangan pada fitur wajah, pilihlah bingkai yang sedikit lebih lebar dari dahi. Selain itu, memilih bingkai berbentuk oval akan lebih menonjolkan mata. 


4. Wajah Segitiga


Wajah berbentuk segitiga, juga dikenal sebagai wajah berbentuk buah pir, adalah jenis bentuk wajah yang kurang umum. Bentuk wajah ini ditandai dengan dahi yang sempit dan garis rahang yang lebar.


Bingkai tebal di atas adalah bingkai terbaik untuk wajah segitiga. Cat-eye, aviator, dan D-frame termasuk dalam kategori ini dan cocok dengan wajah segitiga. 


5. Wajah Oval


Wajah oval merupakan bentuk yang paling umum dan universal. Wajah oval lebih panjang daripada lebarnya. Wajah-wajah ini memiliki rahang yang membulat dan dahi yang lebih panjang. 


Orang dengan tipe wajah oval cocok dengan segala bentuk bingkai kacamata. Namun, jika ingin memilih bingkai terbaik untuk wajah berbentuk oval, bisa bereksperimen dengan bingkai yang berbeda untuk mencari tahu mana yang  menyeimbangkan sudut wajah. 


Frame geometris, persegi panjang, dan persegi cocok dipadukan dengan wajah oval, seperti halnya frame berukuran besar. Kacamata cat eye dan aviator juga cocok dengan bentuk oval, memberikan tampilan yang lebih berani kepada pemakainya. Jika senang tipe klasik, memilih maka D-frame sangat tepat. 


Sumber: Tempo.co (Rindi Ariska)


#SHOWRELATEBERITA


Writer: Ikbal Juliansyah


Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI