Sukabumi Update

Anak Rewel di Depan Umum, Orang Tua Harus Bagaimana?

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika anak rewel di tempat umum, terkadang emosi orang tua ikut tersulut. Akibatnya, tantrum anak semakin menjadi-jadi dan orang tua semakin frustrasi menghadapinya.

Tantrum atau emosi yang meledak-ledak merupakan perilaku yang wajar terutama bagi anak berusia 1-3 tahun. Dalam menghadapi anak yang tantrum, kuncinya menurut psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani adalah jaga jarak dengan anak untuk menenangkan diri.

Titipkan anak pada orang dewasa yang lebih tenang jika sedang bepergian bersama orang lain. "Orang tua bisa meminta anak duduk dulu dan orang tua bisa ikut duduk atau berdiri dalam jarak tertentu hingga tenang, jika orang tua hanya pergi berdua dengan anak," ujarnya.

Tenangkan diri sambil menarik napas berulang kali sambil menutup mata. Anna mengingatkan kondisi tersebut merupakan hal yang wajar dihadapi para orang tua. Bila emosi orang tua merasa sering tersulut oleh sikap anak, saran Anna, segera konsultasikan pada ahlinya. "Sebaiknya periksakan diri ke psikolog klinis dewasa untuk mendapatkan penanganan manajemen emosi diri sendiri."

Sumber: Tempo

Editor : Administrator

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI