Sukabumi Update

Aktivitas Menyenangkan dan Mendidik Buat Anak Saat Lebaran

SUKABUMIUPDATE.com - Mengajarkan anak tentang agama dan budaya merupakan bagian dari peran orang tua. Pengalaman dan penjelasan yang disampaikan kepada anak akan membantunya memahami lebih banyak tentang nilai-nilai kehidupan dan keberagaman. Lebaran misalnya, bisa menjadi momentum yang tepat untuk mengenalkan kepada anak apa itu Hari Raya Idul Fitri.

Caranya tentu bukan dengan menggurui, melainkan mengajak anak beraktivitas dan membuat mereka merasa senang. Dilansir dari Momjunction, berikut beberapa permainan Idul Fitri yang cocok untuk anak-anak di semua usia. Inti permainan ini adalah mengenalkan makna Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran.

Cerita Idul Fitri Duduklah bersama anak dan bacakan beberapa cerita menarik bertema Idul Fitri yang sesuai dengan usia mereka. Cerita ini bisa didapat dari buku atau Internet. Untuk membuat cerita lebih istimewa, ajarkan mereka tentang berbagai kegiatan menyenangkan terkait tradisi Lebaran yang ada di berbagai wilayah.

Mengajarkan anak berbagi  Dalam semangat perayaan Idul Fitri, bantu anak berbagi kebahagiaan dengan mereka yang kurang beruntung. Anda dapat melibatkan anak-anak saat membuat sumbangan makanan ke panti asuhan atau buat orang kurang mampu.

# Makanan khas Idul Fitri
Untuk melengkapi semangat Idul Fitri, pastikan Anda melibatkan anak-anak ketika membuat atau menyiapkan makanan sebelum disajikan kepada keluarga dan tamu. Dari situ anak akan mengetahui tradisi hidangan Lebaran yang biasa tersaji, dan ini akan menjadi kenangan manis untuk mereka sampai dewasa. Jika belum bisa melibatkan anak untuk membuat hidangan Lebaran di dapur, orang tua bisa mengajak mereka menyiapkan meja makan, menata kue, dan menyiapkan peralatan makan.

# Sudut eksplorasi
Biarkan anak membuat sudut khusus yang menyenangkan mereka di rumah. Di sudut ruangan itu, mereka bebas menggelar mainannya, misalnya bermain bentuk atau masak-masakan, sampai berpura-pura menjadi tamu saat Lebaran. Meriahkan dengan lagu religi untuk anak supaya tambah semangat.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI