Sukabumi Update

Ampuhnya Kemiri Merawat Kulit Wajah dan Bikin Awet Muda

SUKABUMIUPDATE.com - Kemiri bukan hanya bumbu masakan. Kemiri juga sering diolah menjadi minyak kemiri.

Minyak kemiri biasanya dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Hal ini terbukti dari cukup banyaknya produk perawatan rambut seperti sampo, yang menggunakan minyak kemiri sebagai salah satu komposisinya.

Di balik manfaat untuk rambut yang sudah tersohor, ternyata minyak kemiri juga bisa digunakan untuk perawatan kulit wajah. Minyak kemiri memberikan beberapa manfaat seperti berikut.

#Melembabkan kulit wajah
Buat yang memiliki permasalahan kulit wajah yang kusam dan kering, gunakan minyak kemiri sebagai alternatif untuk perawatan kulit wajah. Kandungan stearate pada minyak kemiri mampu menjaga kelembaban kulit wajah jika digunakan secara teratur.

#Mencegah keriput
Kulit wajah perempuan biasanya lebih rentan dengan tanda-tanda penuaan dini karena sering terjebak stres yang pada akhirnya membuat tubuh bereaksi. Selain karena stres, kulit keriput juga disebabkan oleh usia yang terus bertambah.

Untuk mengatasi kulit keriput, minyak kemiri bisa menjadi solusi.  Sifat minyak kemiri yang melembabkan mampu membuat kulit wajah tampak awet muda, kencang, sehat, dan terhindar dari keriput.

#Melindungi dari sinar UV
Beraktivitas di luar ruangan cukup sulit dihindari. Saat beraktivitas ini, seringkali kita tidak sadar kalau sengatan sinar UVA dan UVB sudah merusak jaringan kulit dan bahkan menimbulkan masalah pada kulit.

Lagi-lagi minyak kemiri bisa digunakan sebagai solusi untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar UV. Kandungan senyawa pada minyak kemiri akan melapisi dan melindungi kulit saat beraktivitas di luar ruangan di siang hari.

#Meremajakan kulit
Minyak kemiri juga mampu meremajakan kulit wajah. Caranya dengan mengoleskan minyak kemiri pada wajah yang sudah dibersihkan, lalu beri pijatan-pijatan lembut. Hal ini akan membantu proses regenerasi sel-sel kulit mati sehingga kulit wajah tetap terawat, menjadi lebih halus, dan tampak awet muda.

#Mengencangkan kulit
Minyak kemiri memiliki kandungan vitamin E yang berguna sebagai steroid untuk kulit wajah sehingga lebih kencang dan tetap terjaga kekenyalannya. Selain itu, minyak kemiri juga tidak memiliki efek samping yang berbahaya buat kulit.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI