Sukabumi Update

Tips buat yang Ingin Ikut Lomba Lari Maraton

SUKABUMIUPDATE.com - Buat penggemar lari, ada sejumlah hal yang sebaiknya tak dilakukan sebelum mengikuti lari maraton demi mencegah masalah pada kesehatan. Menurut dokter Grace Joselini yang pernah menangani tim sepakbola wanita Indonesia di Asian Games 2018, melewatkan latihan fisik adalah salah satunya.

"Mau maraton tapi enggak pernah latihan sama saja bunuh diri. Harus dilatih. Olahraga sama seperti obat, harus sesuai dosis, kalau kurang enggak berefek kalau berlebihan malah berdampak buruk," ujarnya.

Menurut Joselini, setidaknya mulailah rajin berlatih dan beraktivitas fisik sebulan sebelum
mengikuti lomba lari. Selain itu, jangan sembarang memilih sepatu. Kalau pun berniat membeli sepatu khusus lari, sebaiknya sebulan sebelum mengikuti lomba dan pakai sepatu itu saat latihan untuk mencegah cedera muskuloskeletal.

"Ukuran sepatu tidak boleh ketat. Kalau dipakai lari kaki agak lama agak membesar. Jadi, sepatu harus selisih satu sentimeter lebih besar," tutur Joselini.

Hal lain yang juga perlu dihindari adalah mengenakan pakaian sangat tertutup, misalnya kaus dan jaket bersamaan. Cuaca panas ditambah suhu tubuh yang meningkat saat beraktivitas bisa meningkatkan risiko heat stroke.

"Gunakan pakaian yang bagus untuk evaporasi tubuh," kata Joselini.

Terakhir, jangan berada di bawah terik matahari lebih dari satu jam, apalagi tanpa tabir surya.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI