Sukabumi Update

4 Tips Mencegah Demam Berdarah di Musim Hujan

SUKABUMIUPDATE.com  - Penyakit demam berdarah selalu menimbulkan ketakutan saat masuk musim hujan. Genangan air yang luput dari pantauan menjadi sarang nyamuk untuk berkembang.

Aedes Aegypti adalah jenis nyamuk pembawa virus dengue, penyebab penyakit demam berdarah. Mengutip dari laman webmd dan mayoclinic, berikut beberapa tips agar terhindar dari penyakit demam berdarah.

1. Menghindari tempat seseorang terjangkit demam berdarah
Salah satu langkah mudah yang bisa dilakukan adalah menghindari tempat di mana orang terkena demam berdarah. Musababnya, tempat tersebut diyakini masih memiliki jentik nyamuk penyebab demam berdarah sehingga memungkinkan orang lain turut terjangkit.

2. Pakai obat nyamuk dan pakaian tertutup
Busana lengan panjang dan celana panjang diyakini mampu mengurangi risiko terkena demam berdarah. Selain itu, usapkan losion anti-nyamuk atau gunakan obat nyamuk untuk ruangan dengan takaran yang sesuai.

3. Menguras bak mandi dan bersihkan genangan air
Kuras bak mandi minimal sekali seminggu. Cek titik-titik potensial genangan air di rumah, seperti di vas bunga dan tempat minum hewan peliharaan. Segera bersihkan genangan air.

4. Vaksinasi dengvaxia
Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menemukan sebuah vaksin penangkal demam berdarah yang disebut dengvaxia. Vaksinasi dengvaxia dapat digunakan sebagai sebuah tindakan pencegahan. Namun, vaksin tersebut masih dalam tahap uji coba dan kemungkinan pencegahannya masih di angka 60 persen.

Sumber: Tempo

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI