Sukabumi Update

Tips Terhindar dari Harga Mengejutkan saat Makan di Pinggir Jalan

SUKABUMIUPDATE.com - Baru-baru ini, warganet dikejutkan unggahan tagihan makan di Warung Bu Anny, sebuah warung makan pinggir jalan di daerah Slawi, Tegal, Jawa Tengah, yang mencapai Rp 700 ribu.

Dari unggahan seorang pengguna Facebook dengan nama akun Tije Uyee Slalu, tagihan tersebut seporsi nasi, dua es teh, seporsi kepiting, udang, dan cumi. Tagihan makanan tersebut dinilai cukup tinggi untuk sebuah warung lesehan.  

Kisahnya tersebut begitu mengagetkan sekaligus bahan kewaspadaan bagi Anda yang akan memilih tempat makan. Apalagi di musim mudik atau liburan, kadang-kadang restoran tak segan mematok harga mahal.

Oleh karena itu, melansir dari Money Crashers dan Trip Savvy, berikut adalah beberapa hal yang patut diperhatikan agar biaya yang dikeluarkan saat makan tidak mengejutkan.

1. Pilih menu yang dilengkapi dengan harga

Salah satu bentuk kesalahpahaman yang dapat terjadi di tempat makan ialah saat menu yang ditawarkan tidak mencantumkan harga. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memastikan bahwa ada harga yang tertera pada menu. Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengkomunikasikan harga sebelum memesan. Agar saat akhirnya harus membayar, uang yang dikeluarkan sesuai dengan angka di awal.

2. Pilih tempat makan yang sesuai

Lokasi pasti menentukan harga. Oleh karena itu, agar tidak terkejut dengan harga yang mahal, tempat makan yang dipilih juga harus disesuaikan. Apabila budget yang Anda miliki hanya sebesar Rp 100 ribu, jangan memaksakan untuk makan di restoran milik hotel bintang lima. Sesuaikan dengan budget misalnya di rumah makan biasa.

3. Memastikan mendapat struk cetak

Agar tidak merasa dibohongi dengan harga yang tinggi, Anda harus memastikan mendapat struk cetak. Ini artinya, struk tersebut memang telah melalui proses komputerisasi sehingga sulit untuk dimanipulasi. Setelah mendapatkannya pula, jangan lupa menyesuaikan makanan yang dipesan dengan tagihan, agar yang Anda sesuai dengan apa yang dikonsumsi.

5. Menanyakan promosi sebelum order

Di era yang modern ini, semakin banyak promosi secara online yang menawarkan kupon diskon. Nah, bagi Anda yang akan menggunakannya, sebaiknya menanyakan terlebih dahulu. Sebab, apabila Anda telah memesan dan ternyata kupon tersebut tidak dapat digunakan saat itu juga, Anda tentu harus membayar penuh tanpa diskon. Alih-alih murah, Anda justru harus bayar mahal. Oleh karena itu, perhatikan hal ini juga.

Sumber: Tempo

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI