Sukabumi Update

Hari Keluarga Nasional, Psikolog Tekankan Pentingnya Sebuah Ruang Keluarga

SUKABUMIUPDATE.com - Hari Keluarga Nasional, Psikolog Tekankan Pentingnya Sebuah Ruang Keluarga.

Ruang keluarga sejatinya menjadi bagian terpenting dari rumah yang berdampak langsung terhadap suasana hati, dan kedekatan hubungan seluruh anggota keluarga.

Merayakan hari keluarga nasional yang jatuh setiap tanggal 29 Juni, ruang keluarga tentu menjadi topik yang penting dalam sebuah komunikasi antar anggota keluarga.

Pemilihan desain dan perabot dalam ruang keluarga juga bisa menggambarkan karakter, dan kepribadian seseorang.

Mengutip vlog Matamatadotcom, psikolog anak dan keluarga, Ajeng Raviando, menjelaskan bahwa ruang keluarga adalah  "jantung" rumah, penting untuk membuat ruang keluarga yang dapat menciptakan kenyamanan dan kehangatan di dalam rumah.

Ajeng memastikan kehadiran ruangan ini bisa membantu orangtua menjalani pola asuh untuk anak-anak mereka.

"Tidak ada tempat di mana keluarga bisa ngumpul, bincang santai, bercanda selain di ruang keluarga. Di sinilah akan tercipta ikatan, dan kedekatan emosional," ungkapnya. 

Agar bisa memberikan kehangatan serta kenyamanan, kata Ajeng, sebaiknya libatkan anggota keluarga dalam pemilihan jenis, bentuk dan warna saat sedang mendesain ruang keluarga yang sesuai keinginan masing-masing individu.

Jika terlalu banyak usulan, sambungnya, ambil jalan tengah dengan memadupadankan berbagai konsep yang disukai masing-masing anggota keluarga. Misalnya, warna netral dengan warna yang lebih cerah.

"Ruang tamu dan ruang keluarga sudah menyatu. Di rumah itu individunya berbeda-beda, umurnya bervariasi, jadi tetap perlu dilibatkan. Perlu intervensi anggota keluarga dalam menentukan pemilihan ruang keluarga agar semuanya merasa nyaman," tandasnya.

Dengan cara ini, hubungan keluarga pun akan menjadi lebih dekat, dan membuat semuanya betah berlama-lama, merasa nyaman, tentram dan aman. Pasalnya, kata Ajeng, itulah fungsi sebenarnya dari ruang keluarga.

Sumber: Suara.com

Editor : Yusuf

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI