Sukabumi Update

Hujan Petir, Sebaiknya Jangan Lakukan Ini saat di Dalam Rumah

SUKABUMIUPDATE.com - Ketika hujan petir, masyarakat diimbau segera berlindung di dalam rumah atau bangunan tertutup. Namun demikian, walaupun sudah berada di dalam rumah saat turunnya hujan disertai petir, masih ada yang juga perlu diperhatikan oleh masyarakat. "Yakni harus hindari interaksi dengan perangkat yang menggunakan listrik karena dikhawatirkan sambaran bisa masuk lewat aliran listrik ," kata Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Farida Asriani pada 27 Desember 2019.

Ketua Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik Unsoed itu juga menambahkan saat sedang turun hujan yang disertai petir sebaiknya masyarakat tidak menggunakan telepon genggam yang dayanya sedang diisi. "Sebenarnya ponsel sendiri tidak terlalu berisiko, yang berisiko adalah ketika dayanya sedang diisi atau sedang menyambung ke aliran listrik, karena sambaran petir bisa masuk lewat aliran listrik. Dan itu terjadi kalau jaringan listrik yang dipakai untuk sumber pengisi daya telepon genggamnya tersambar," katanya.

Sementara itu, dia juga mengingatkan mengenai pentingnya sosialisasi secara terus menerus kepada masyarakat mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan saat terjadi hujan disertai petir. Sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat harus terus menerus dilakukan guna mendukung upaya pengurangan risiko saat terjadi hujan disertai petir.

Sumber: Tempo.co

Editor : Ardi Yakub

Tags :
BERITA TERPOPULER
BERITA TERKINI