Sukabumi Update

5 Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi Saat Diare, Pisang Hingga Kelapa

Ilustrasi. Mengonsumsi buah-buahan saat diare bisa membantu untuk mengatasi dehidrasi | Foto: Pixabay/Stevepb

SUKABUMIUPDATE.com - Diare menjadi salah satu masalah kesehatan yang terjadi pada sistem pencernaan dan kerap membuat penderitanya tidak nyaman bahkan bisa mengalami dehidrasi.

Selain dengan mengonsumsi obat, ada beberapa buah-buahan yang baik dikonsumsi saat diare dan dipercaya bisa membantu sembuh dari penyakit tersebut.

Buah-buahan tersebut baik dikonsumsi untuk membantu mengatasi dehidrasi ketika diare sebagai tambahan cairan selain air putih.

Namun, jangan salah dan sembarangan saat mengonsumsi buah-buahan ketika diare mengingat tingginya kadar serat dalam buah bisa membuat frekuensi BAB cair kian memburuk.

Baca Juga: Sederet Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Obati Asam Lambung

Dilansir dari Akurat.co yang merujuk berbagai sumber, Senin (6/2/2023), berikut buah-buahan yang baik dikonsumsi saat diare:

1. Buah Pisang

Pisang merupakan buah yang baik dikonsumsi saat diare, bahkan pisang merupakan makanan yang baik untuk diare yaitu BRAT (Banana-Rice-Applesauce-Toast).

Pisang memiliki kadar serat yang rendah, pisang lebih mudah dicerna dan bermanfaat membantu memadatkan feses. Manfaat lainnya bisa membantu menggantikan nutrisi tubuh yang hilang sebab pisang mengandung kalium.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Perut Buncit Agar Tampil Lebih PD, Yuk Simak!

Kalium juga bermanfaat meredakan rasa mual akibat diare. Kalium membuat kerja usus menjadi lebih mudah dan efisien dengan melancarkan aliran darah mengurangi rasa mual.

Kandungan vitamin C dan karbohidrat kompleks dari buah ini membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh. Keduanya merupakan unsur penting untuk melawan infeksi bakteri penyebab diare.

2. Buah Apel

Apel juga merupakan buah yang baik dikonsumsi saat diare. Apel mengandung pektin yaitu jenis serat larut air yang bisa memadatkan feses. Dengan mengonsumsi apel untuk diare bisa bikin BAB lebih padat. Selain pektin, karbohidrat dan gula dalam apel bermanfaat menggantikan energi tubuh yang hilang akibat diare.

Baca Juga: Ada Apa di Preman Pensiun 8? Adon, Iding dan Deni Langsung Belajar Ngaji

3. Kelapa Muda

Buah kelapa tinggi kandungan air serta mengandung elektrolit sehingga baik bagi penderita diare yang sedang menjalani pemulihan. Kandungan kalium dalam air kelapa juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Kelancaran aliran darah menuju pencernaan yang sedang meradang dapat membantu sistem imun dalam melawan infeksi. Selain itu, sirkulasi darah yang lancar juga secara tidak langsung membantu meningkatkan energi sehingga kamu tidak merasa lemas.

Daging kelapa juga tinggi protein dan karbohidrat, sehingga membantu menguatkan stamina tubuh kamu selama sakit. Namun air kelapa tidak direkomendasikan untuk penderita diare berat atau pasien dengan dehidrasi yang cukup parah.

Baca Juga: Jadwal Persib Februari 2023, Tiga Big Match Termasuk Lawan PSM dan Bali United

4. Buah Semangka

Semangka mengandung banyak air sehingga bisa bantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang akibat diare. Semangka juga mengandung mineral dan elektrolit yang penting bagi tubuh yang berperan meningkatkan daya tahan tubuh yang cenderung menurun akibat BAB terus menerus.

Satu buah semangka utuh bisa mengandung hingga 92 persen air. Oleh sebab itu, buah ini menjadi buah pemenuh cairan tubuh terbaik untuk penderita diare dan muntaber.

Kandungan air pada semangka juga diperkaya dengan mineral dan elektrolit penting. Asupan elektrolit bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengembalikan stamina, serta menjalankan berbagai fungsi normal tubuh. Semangka juga kaya akan senyawa antioksidan yang disebut likopen.

Baca Juga: Mengintip Lokasi Rest Area di Lintasan Tol Bocimi Seksi III Sukabumi

Kandungan likopen dalam semangka diyakini bagus untuk mengurangi peradangan di dalam usus akibat infeksi. Oleh sebab itu semangka masuk ke dalam kategori buah yang baik dikonsumsi saat diare.

5. Buah Nanas

Nanas termasuk dalam kategori buah yang baik dikonsumsi ketika diare karena mengandung bromelain yang diduga bisa membantu mencegah diare akibat infeksi bakteri berbahaya.

Tapi kamu juga harus membatasi konsumsi nanas ya, jangan terlalu banyak makan nanas karena makan nanas justru bisa memicu diare, mual, hingga perdarahan menstruasi yang tidak normal.

Itulah buah-buahan yang baik dikonsumsi saat diare. Namun, jangan berlebihan saat mengonsumsi buah-buahan tersebut agar tidak memperburuk diare.

Sumber: Akurat.co

Editor : Dede Imran

Tags :
BERITA TERKAIT