Sukabumi Update

Dinsos Sukabumi Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Cidahu

Dinsos Kabupaten Sukabumi memberikan bantuan untuk korban terdampak angin puting beliung di Desa Tangkil dan Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu. (Sumber : Ibnu Sanubari)

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi memberikan bantuan untuk korban terdampak angin puting beliung di Desa Tangkil dan Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu. Bencana tersebut menerjang daerah tersebut pada Rabu, 3 Mei 2023.

Bantuan diserahkan Dinsos disela apel gabungan untuk melakukan penyisiran ke daerah terdampak bencana angin puting beliung, Kamis, 4 Mei 2023.

Plt Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Bambang Widyantoro menuturkan bantuan yang diberikan merupakan bantuan kedaruratan sebab BPBD Kabupaten Sukabumi masih melakukan asesmen lebih lanjut.

Apabila asesmen sudah dilakukan, Dinsos akan melihat apa saja yang dibutuhkan.

Baca Juga: BPBD Sukabumi: 55 Rumah Rusak Akibat Angin Puting Beliung di Cidahu

"Ini adalah antisipasi awal saja diberikan untuk 55 kepala keluarga. Setelah itu baru nanti kita lihat apa kebutuhannya, jadi hanya kedaruratan saja. Yang jelas bantuan yang diberikan hari ini berupa, alas tidur, sembako, keperluan anak-anak (kids wear), pakaian dan alat mandi yang kita siapkan," ujar Bambang.

Menurut Bambang, Dinsos Kabupaten Sukabumi akan berupaya mendorong Pemerintah Provinsi Jabar agar memberikan bantuan. Sebab dari asesmen yang dilakukan ada puluhan kepala keluarga yang terdampak angin puting beliung.

"Kalau di atas 50 kepala keluarga nanti kita coba bantuan dari Provinsi dan lain-lain. Nanti akan kita koordinasikan lebih lanjut karena korban yang terdampak cukup banyak," ujarnya.

Baca Juga: Cerita Kepanikan Warga Saat Angin Puting Beliung Menerjang Cidahu Sukabumi

Camat Cidahu Jaenal Abidin menyatakan dari hasil pendataan ada 55 rumah yang terdampak angin puting beliung di Desa Tangkil dan Desa Girijaya. 55 rumah yang terdampak itu rinciannya adalah 12 rumah rusak berat, 9 rumah rusak sedang dan 34 rumah rusak ringan.
Dia menyatakan forkopimcam bersama TNI/Polri, BPBD, relawan, warga dan pihak lainnya telah turun ke lokasi terdampak bencana.

"Termasuk PLN, Telkom dan yang lainnya, kita bekerja sama-sama di lapangan, merapikan kabel listrik, kabel telkom, merapikan puing-puing rumah, puing-puing pepohonan, juga menyalurkan bantuan yang hari ini disalurkan oleh pemerintah Kabupaten Sukabumi dari Bupati melalui Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi dan BPBD Kabupaten Sukabumi," ungkapnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT